Jakarta (ANTARA News) - Berikut adalah para punggawa Manchester United yang kemungkinan diturunkan dalam laga melawan Barcelona pada final liga Champion di Stadion Wembley, London, Sabtu ini.

Penjaga Gawang

1- Edwin Van Der Sar (40) - Laga ini mungkin menjadi pertandingan terakhir untuk si Belanda yang sebelumnya pernah mencicipi juara Liga Champion bersama Ajax Amsterdam dan Manchester United.  Mirip dengan manajernya, dia telah matang seiring bertambahnya usia, namun tetap waspada, gesit, mendominasi dan selalu bisa diandalkan.

29- Thomas Kuszcak (29) - Penjaga gawang cadangan yang kerap melakukan penyelamatan gemilang tetapi tidak konsisten dan sedang berjuang meyakinkan penggemar bahwa dia memiliki kualitas menjadi tim inti klub.

Pemain Belakang

20- Fabio Da Silva (20) - Belakangan menjadi pilihan utama Ferguson di bek kanan. Untuk pemain sependek ini, dia penuh energi dan agresif dalam mentakel walaupun kadang merugikannya.

21- Rafael Da Silva (20) - Kembaran Fabio dan memiliki kemampuan serupa sabagai bek kanan.

5- Rio Ferdinand (32) - Cedera kerap menggangu penampilannya musim ini tapi penampilannya tetap memukau, memiliki peran besar di jantung pertahanan United.  Kemampuannya akan kembali diuji ketika melawan Barcelona khususnya ketika Lionel Messi berlari berusaha melewatinya.

15- Nemanja Vidic (29) - Pemain terbaik United musim ini pilihan penggemar dan para pemain setimnya. Pemain Serbia itu menjadi benteng pertahanan yang kokoh musim ini. Dia memiliki kualitas bagus sebagai seorang bek tengah, namun juga kerap mencetak gol penting.  Gemar bertarung dengan penyerang bertubuh besar tapi kurang nyaman saat berhadapan dengan penyerang bertubuh kecil yang licin.

3- Patrice Evra (30) - Pemain belakang berpaspor Prancis ini adalah salah satu pemain United yang konsisten musim ini,  nyaris hadir dalam setiap pertandingan musim ini. Tenang dan efisien dalam bertahan serta kerap berlari menyusuri sisi lapangan untuk membantu serangan.

22- John O'Shea (30) - Pilihan utama Ferguson dalam menutup lubang pertahanan hampir dalam sedekade terakhir. Biasanya, menjadi bek tengah dan bisa mengisi semua posisi bek. Dia cukup solid, penampilannya cukup bagus tapi bukan yang terbaik, dan dia adalah sosok sempurna untuk bek pengganti.

23- Johnny Evans (24) - Memiliki talenta sebagai bek tengah yang dinilai tinggi oleh Ferguson dan kemungkinan menjadi pilihan utama klub mana pun. Sayangnya, dia menghabiskan pertandingan dengan menonton duet Ferdinand dan Vidic di jantung pertahanan.

12- Chris Smalling (21) - Salah satu pemain menjanjikan di masa depan, terlihat dari penampilannya dalam beberapa pertandingan bahkan pertandingan besar.  Dia memiliki peluang besar menggantikan Ferdinand sebentar lagi atau di masa depan.

Pemain Tengah

25- Antonio Valencia (25) - Kembalianya dia sejak Maret karena sbsen selama enam bulan akibat cedera patah pergelangan kaki, benar-benar membangkitkan United.  Penuh energi, pemain timnas Ekuador ini bisa masuk ke posisi-posisi berbahaya dan kerap merepotkan baris pertahanan lawan dengan sentuhan-sentuhan akhirnya.

11- Ryan Giggs (37) - Seorang gelandang yang memiliki segudang pengalaman dimana pekan lalu dia memenangkan gelar Liga Premier ke-12-nya.  Kini jarang bisa melewati bek lawan namun masih cukup lihai menciptakan lubang di jantung pertahanan musuh dengan operan, pergerakan dan kontrol bolanya yang hebat.  Kabar seputar perselingkuhannya tampaknya tidak akan menggangu penampilannnya Sabtu malam nanti.

18- Paul Scholes (36) - Pada dirinya melekat kejayaan masa lalu, dia masih bisa melakukan umpan akurat, tendangan keras dan sering bermanuver melewati bek.  Sayang, dia memiliki takel terburuk di United, bahkan mungkin di Inggris.  Ferguson agak khawatir memainkannya melawan para gelandang Barca yang cepat.

13- Park Ji Sung (30) - Pemain Korea Selatan itu adalah tipe pemain pekerja keras tapi operan bolanya kurang akurat, namun tetap dia menjadi favorit penonton dan meyakinkan Ferguson di tahun-tahun lalu. Bisa jadi dia akan menjadi pemain penting pada laga Sabtu nanti karena dia akan berlari tanpa merasa lelah dan bisa mengganggu operan-operan para pemain tengah Barca.

24- Darren Fletcher (27) - Dia sedang berjuang sembuh total setelah cedera lama sejak beberapa waktu lalu, pemain Skotlandia itu adalah sosol ideal yang bisa menghentikan pergerakan Xavi dkk agar tidak dapat mengoper bola.  Biasa tampil dari bangku cadangan untuk menggantikan Park yang kelelahan dan kembali memompa lini tengah tim. Dia gagal dalam final Champion 2009 dan tidak dipasang saat United menjadi Juara Champion pada 2008.

17- Nani (24) - Pemain dengan multi talenta, kreatif, berbahaya dan pemain sayap yang mempunyai naluri menciptakan gol. Pemain yang sering memberikan assist dan pemain itu bisa tidak masuk dalam line up karena mantapnya performa Valencia.

16- Michael Carrick (29) - Setelah lambat panas, gelandang tengah asal Inggris ini harus kembali menemukan bentuk permainan terbaiknya.  Sedikit pemain United yang kecewa lantaran nama Carrick tidak masuk dalam tim.  Pemain dengan umpan bola yang akurat, baik umpan pendek maupun panjang, bagus dalam bertahan. Mungkin akan diturunkan Sabtu nanti.

9- Anderson (23) - Pemain yang berbakat tapi tidak konsisten. Pemain Brasil itu menjadi pilihan kedua yang kuat.

Penyerang

14- Javier Hernandez (22) - Pemain Meksiko itu memberi bonus besar bagi United setelah dibelinya, karena dia memiliki masa depan yang cerah. Memiliki kecepatan dan kemampuan tak tersentuh dalam menyisir lapangan kanan untuk menciptakan gol, yang sama baiknya dengan kemampuan tekniknya yang lengkap dalam mencipta peluang-peluang di setiap lini.

10- Wayne Rooney (25) - Penampilan kuat di akhir musim untuk musim yang aneh bagi penyerang timnas Inggris ini. Dia memiliki peran besar di belakang Hernandez.  Di sangat kokoh dan agresif dan dia akan memanfaatkan semua itu untuk menciptakan peluang.  Permainanannya yang bertenaga bisa merepotkan barisan pertahanan Barcelona.  Tapi para pemain Barca akan sekuat tenaga memprovokasinya agar Rooney tak bisa tampil lama.

9- Dimitar Berbatov (30) - Meskpun menjadi salah satu dari top skorer utama Liga Premier dengan 20 gol, pemain Bulgaria ini malah sering duduk di bangku cadangan lantara mengkilatnya duet Rooney dan Hernandez.  Tapi talenta hebatnya dan kemampuannya membuat sesuatu yang spesial menjadikannya sosok ideal dalam mengubah permainan.(*)

Reuters/Adam Rizal

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011