Pada lagu pertama mereka terdiam dan mulai lagu kedua sampai terakhir semua bergoyang,"
London (ANTARA News) - Kelompok musik asal Indonesia, Gugun Blues Shelter merupakan salah satu perekat hubungan Indonesia-Inggris.

Grup musik beranggotakan Mohammad Gunawan (Gugun) di vokal, gitar,  John Armstrong (Jono) pada bass dan Aditya Wibowo (Bowie)  pada drums itu akan tampil  menjadi band pembuka kelompok music Bon Jovi di acara konser  di Hyde Park London pada tanggal 25 Juni.
 
"Kami ikut  bangga Gugun Blues Shelter terpilih  dan  sepakat bahwa mereka cermin  personifikasi eratnya hubungan Indonesia-Inggris," kata   Dubes RI untuk Inggris dan Republik Irlandia, Yuri Octavia Thamrin kepada ANTARA News London.

Menurut Dubes, jika dilihat dari perspektif diplomasi budaya, Gugun Blues Shelter sangat positif, selain itu makin dikenalnya mereka di Inggris , tentunya akan baik untuk citra Indonesia karena Gugun dan Bowie  berasal dari Indonesia sedangkan  Jono adalah warga Inggris.

Dubes Yuri Thamrin secara khusus mengundang ketiga personil Gugun Blues Shelter makan siang dan menyampaikan penghargaan kepada mereka sebelum tampil di The Live Room , Palmers Green London, di akhir tur pemanasan mereka sebelum tampil di pangung bersama Bon Jovi dan kelompok music beken lainnya.

Sementara itu, Bowie mengatakan bahwa sekitar 100 orang menyaksikan penampilan mereka di klub yang belum lama diresmikan yang terletak di daerah Palmers Green London.

"Kami tampil diakhir konser, sebelumnya ada dua kelompok musik Inggris yang tampil bersamaan. Awalnya mereka meremehkan penampilan kami, tapi saat kami manggung, mereka  tersentak. Pada lagu pertama mereka terdiam dan mulai lagu kedua sampai terakhir semua bergoyang," ujar Bowie.

Semua orang menyalami mereka, mulai dari sound engineer sampai kru band lain.

" Bahkan kami mendapat tawaran dari produser di Live Room, Collon yang berasal dari Australia yang baru setahun di Inggris untuk merekam live album 16 track pas nanti kami balik lagi ke London. So its gonna be GBS live in London album," ujar Bowie lalu mengatakan kelompok mereka akan kembali ke tanah air, Kamis siang.

Perjalanan panjang Gugun Blues Shelter untuk go internasional sudah dilakoni sejak beberapa tahun lalu dan tur mereka di Inggris merupakan yang kali ketiga.

Terpilihnya Gugun Blues Shelter menjadi band pembuka dalam acara peringatan hari jadi yang ke-40 Hard Rock  berawal ketika mereka mengikuti kompetisi Hard Rock Battle of the Band dan berhasil masuk 40 besar dunia dan menempati regional dua. Untuk lolos ke London, setelah  bersaing dengan sembilan  band yang berasal dari Buenos Aires, Malaysia, Singapura, dan Mexico .

Dalam tur pemanasan di Inggris,  Gugun Blues Shelter sebelumnya tampil di klub ternama di Inggris The Monto Water Rats , King's Cross , London, yang menjadi  penampilan debut kelompok musik Inggris Oasis di tahun 1994 dan juga tempat mangung pertama Bob Dylan waktu melakukan lawatan ke Inggris tahun 1962.

Sebelumnya mereka  tampil di Manchester dan di Imperial Collage London yang di sponsori oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) London.

Trio Blues ini mengusung aliran musikus kaliber dunia terutama Jimi Hendrix, Stevie Ray Vaughn, Bette Davies dan Led Zeppelin tampil memukau pengunjung klub di Live Room yang membawakan lagu mereka yaitu Turn it on, On the run, Superstitions, Women dan Across the River, Spinning Aroud dan White Dog.
(ZG/A011)


Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011