Cirebon (ANTARA) - Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, telah mencapai 70 persen dari target, sedangkan untuk lanjut usia (lansia) berada di angka 89 persen.

"Capaian vaksinasi COVID-19 kita telah mencapai 70 persen," kata Kepala Seksi Imunisasi dan Surveilans Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Dendi Hamdi di Cirebon, Kamis.

Dendi mengatakan dari target 1,7 juta jiwa warga Kabupaten Cirebon, yang harus divaksinasi COVID-19, kini telah mencapai 70 persen atau 1,2 juta warga.

Sementara untuk dosis kedua berada di angka 40 persen dari target atau 721 ribu jiwa telah disuntik vaksin COVID-19 lengkap.

Baca juga: Polresta Cirebon hanya cek kartu vaksin pada saat Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Pengguna tol di Cirebon antusias ikuti vaksinasi di tempat istirahat


Dendi melanjutkan vaksinasi bagi lansia, di Kabupaten Cirebon, saat ini sudah mencapai 89 persen dari target sasaran 154.777 jiwa.

"Vaksinasi terhadap lansia terus kita percepat, sehingga kurang dari satu bulan telah mencapai 89 persen, setelah sebelumnya hanya di angka 28 persen saja," tuturnya.

Dengan capaian vaksinasi yang sudah berada di angka 70 persen, dan lansia 89 persen, maka ketika melihat persyaratan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), maka Kabupaten Cirebon, bisa turun menjadi level 1.

"Kita memang ditargetkan pada akhir tahun ini turun level 1, dan melihat dari persyaratan telah terpenuhi," katanya.*

Baca juga: BIN lanjutkan vaksinasi pelajar dan masyarakat 10 provinsi

Baca juga: Tempat penyimpanan vaksin COVID-19 di Cirebon sudah siap

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021