Dubai (ANTARA News) - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat menyatakan, pertemuan pejabat tinggi (SOM) pemerintah Republik Indonesia dan Arab Saudi soal TKI merupakan peristiwa pertama kali.

"Ini peristiwa bersejarah, baru pertama kali ada SOM khusus membahas masalah TKI," katanya saat transit di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab, Jumat.

Jumhur dan sejumlah anggota rombongan delegasi RI tiba di Dubai untuk transit dalam penerbangan menuju Jeddah, Arab Saudi, untuk menghadiri SOM RI-Arab Saudi soal TKI pada 28-29 Mei.

Jumhur mendarat di Dubai sekitar pukul 05.15 waktu setempat (09.15 WIB) setelah lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten pukul 00.40 WIB.

Jumhur akan terbang dari Dubai menuju Jeddah pada pukul 07.00 waktu setempat (11.00 WIB).

Jumhur memimpin delegasi pemerintah RI untuk mengikuti pertemuan pejabat tinggi (SOM) yang membahas soal TKI dengan delegasi pemerintah Arab Saudi yang dipimpin Menteri Tenaga Kerja Adel Mohammad Fakeih.

Anggota delegasi pemerintah yang ikut antara lain Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Lutfi Rauf, Pelaksana Tugas Dirjen Binapenta Kemenakertrans Reyna Usman dan Staf Ahli Menakertrans Abdul Wahid Maktub.

Selain itu ikut pula Deputi Kepala BNP2TKI Bidang Penempatan Ade Adam Noch, dan Deputi Kepala BNP2TKI Bidang Perlindungan Lisna Yoeliani Poeloengan, dan sejumlah ejabat eselon II dari ketiga instansi tersebut.

Jumhur menegaskan SOM itu akan membahas perbaikan dalam penempatan dan perlindungan TKI di Arab Saudi.

Ia mengakui, dengan diterimanya Kepala BNP2TKI dan rombongan oleh Menaker Arab Saudi menunjukkan pemerintah Arab Saudi memiliki komitmen yang tinggi terhadap perbaikan TKI.

Jumhur menyebutkan, jumlah TKI di Arab Saudi saat ini mencapai sekitar 1,5 juta orang dan 90 persen dari mereka bekerja pada sektor informal sebagai penata laksana rumah tangga (PLRT) atau sopir pribadi yang bekerja pada pengguna (majikan) perorangan.
(B009)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011