Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Demokrasi  Indonesia (PDIP) Megawati Soekarnoputri akan menghadiri Seminar Nasional Kemandirian Energi Nasional yang akan digelar oleh Fraksi PDIP di Gedung DPR RI, 31 Mei.

"Ketua Umum PDIP Megawati akan hadir. Juga kita akan mengundang Ketua DPR RI Marzuki Alie, Menteri Energi Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh dan Kepala BP Migas Priyono," kata Ketua Fraksi I FPDIP Puan Maharani dalam jumpa pers di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Puan menjelaskan, digelarnya seminar tersebut bertujuan untuk mendapatkankan masukan dari pemerhati energi nasional demi Indonesia yang mandiri energi.

"Sebab selama ini energi yang kita miliki belum dipergunakan untuk kepentingan rakyat. Kita belum tahu apa solusi yang telah dilakukan pemerintah," ujar Puan.

Ia menyebutkan, PDIP sangat peduli terhadap sumber daya alam yang selama ini tidak dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat.

"Kita masih melihat adanya ketidakstabilan listrik, sering padam. Harga bahan bakar minyak yang tidak sama dan mahal. Sumber daya alam kita masih dikuasai orang per orang, dikuasai oleh asing tanpa dinikmati oleh rakyat Indonesia," ujar dia.

Hasil seminar tersebut, tambah putri Megawati itu, akan dijadikan bahan masukan bagi DPR dan pemerintah sebelum mengambil keputusan.

"Karena bulan September 2011 akan diputuskan soal Kebijakan Energi Nasional antara DPR dan pemerintah, dan kebijakan itu akan berlaku hingga tahun 2050," demikian Puan Maharani. (zul)

(ANTARA)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011