Palembang (ANTARA News) - Seleksi daerah Tunas Garuda yang dilaksanakan di lapangan Hatta Palembang, 27-29 Mei 2011 ditargetkan peserta mendaftar sebanyak 2.000 orang.

Program Tunas Garuda "saatnya jebol gawang Arsenal" ini merupakan sebuah ajang pencarian pemain sepak bola berbakat bagi anak usia 14-16 tahun di seluruh Indonesia, kata Panitia Pelaksana, Rizky Kusuma di Palembang, Jumat.

Menurut dia, seleksi daerah Tunas Garuda itu akan dilaksanakan di sembilan kota di Indonesia yakni Bandung, Palembang, Makassar, Jayapura, Semarang, Malang, Medan, Balikpapan dan Jakarta.

Seleksi perdananya sudah dilaksanakan di Bandung, dan Palembang merupakan kota kedua dilakukan kegiatan tersebut, katanya.

Ia mengatakan, dari tiap daerah akan dipilih empat peserta terbaik yang berhak mengikuti seleksi nasional Tunas Garuda di Jakarta, pada 18 September hingga 1 Oktober 2011.

Dari 36 peserta seleksi nasional itu akan disaring lagi menjadi 18 orang yang bakal mendapatkan pelatihan sepak bola secara benar dan intensif, serta memperoleh pengalaman bertanding di Arsenal, London, ujarnya.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumsel, RHM Rasyidi mengatakan, Tunas Garuda merupakan salah satu bakti dari program "Demokrat Bakti Negeri" yang diharapkan dapat memberikan sumbangsih terhadap kemajuan sepak bola nasional, melalui pencarian dan pembinaan pemain berbakat usia dini.

Pembinaan usia dini adalah salah satu kunci untuk mewujudkan harapan prestasi sepak bola Indonesia kedepan, tuturnya.

Salah seorang peserta seleksi daerah asal Jambi, Abdullah (15) mengatakan, baru tiba dari Jambi langsung ke lapangan Hatta Palembang untuk ikut mendaftar seleksi daerah Tunas Garuda tersebut.

"Saya mengetahui informasi seleksi ini dari media, karena itu sengaja datang ke Palembang untuk mengikuti kesempatan tersebut," tuturnya.

Sementara peserta seleksi asal Palembang, Muhammad Amin (15) menyatakan mengetahui adanya seleksi itu dari spanduk yang dipasang di jalan-jalan di kota tersebut.

Sekarang ini memang dirinya sedang menunggu hasil kelulusan SMP, karena itu dimanfaatkan untuk mengikuti seleksi daerah Tunas Garuda.

"Saya memang menyukai olahraga sepak bola dari kelas satu sekolah dasar," kata Amin yang memfavoritkan Christiano Ronaldo tersebut.(*)

(T.KR-SUS/M033)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011