Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta memastikan bahwa seluruh penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) yang berangkat dari Stasiun Gambir maupun Stasiun Pasar Senen dipastikan telah memenuhi persyaratan perjalanan KA.

"Terutama pada hari ini Jumat (24/12), saat Surat Edaran Kementerian Perhubungan RI Nomor 112 Tahun 2021 resmi diberlakukan sampai dengan 2 Januari 2022 mendatang," kata Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Eva mengatakan, pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021/2022 PT KAI yang dimulai sejak 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022, kewajiban penumpang anak di bawah 12 tahun wajib memiliki bukti pemeriksaan PCR 3x24 jam.

Kemudian, vaksin dosis lengkap untuk penumpang di atas 17 tahun, vaksin minimal dosis pertama untuk usia 12 - 17 tahun, serta bukti pemeriksaan Antigen 1x24 jam atau PCR 3x24 untuk usia 12 tahun ke atas.

Guna membantu calon penumpang memenuhi persyaratan terkait ketentuan usia di bawah usia 12 tahun wajib melampirkan hasil negatif tes RT-PCR, pada Kamis (23/12) PT KAI Daop 1 Jakarta telah menyediakan layanan pemeriksaan RT-PCR di Stasiun Gambir dan Pasar Senen dengan biaya Rp195 ribu.

Adapun jam operasional layanan RT-PCR di Stasiun Gambir berlangsung pada pukul 06.00-21.00 WIB dan untuk Stasiun Pasarsenen pukul 05.00-22.30 WIB

"Tercatat, sejak dibuka kemarin layanan pemeriksaan RT-PCR di Stasiun Pasarsenen telah melayani 32 orang dan 8 orang di Stasiun Gambir," ujarnya.

Daop 1 Jakarta juga mengimbau bagi orang tua atau pendamping dapat mempersiapkan waktu dengan baik dengan memperhitungkan jadwal keberangkatan, pasalnya untuk hasil pemeriksaan RT-PCR membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan pemeriksaan antigen.

Lanjut dia, bagi calon penumpang yang ingin melakukan antigen, saat ini terdapat 5 stasiun yang memiliki layanan Antigen di area KAI Daop 1 Jakarta yakni Stasiun Gambir,  Stasiun Pasarsenen, Stasiun Bekasi, Stasiun Karawang dan Stasiun Cikampek.

Eva menegaskan, di masa angkutan Natal dan Tahun Baru, Daop 1 Jakarta berkomitmen untuk mengupayakan pencegahan penyebaran Covid-19 dari sisi prasarana stasiun dan sarana kereta.

Seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin, penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik.


Baca juga: KAI Daop 1 Jakarta sudah layani 88 ribu penumpang
Baca juga: KAI Daop 1 Jakarta berangkatkan 14 ribu penumpang pada H-1 Natal
Baca juga: KAI Depo 1 Jakarta hadirkan layanan tes PCR anak

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021