Batang (ANTARA) - Sekolah Dasar Negeri 01 Ujungnegoro, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, sebagai sekolah binaan PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) selaku pengembang proyek PLTU Batang meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dan Sekolah Adiwiyata Mandiri dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batang Handy Hakim, Jumat menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak sekolah dan PT BPI yang selalu mendampingi dan memberikan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) kepada lingkungan di sekitarnya.

"Keberhasilan ini juga menunjukkan bukti nyata, bahwa kerja sama dan komunikasi yang baik semua pihak, menjadikan SD Negeri Ujungnegoro 01 meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional," katanya.

Ia mengatakan penghargaan ini akan membawa nama baik dan nama harum Kabupaten Batang di kancah nasional sehingga apa yang sudah diraih oleh SDN Ujungnegoro dapat diikuti oleh sekolah lainnya.

"Semoga tahun berikutnya sekolah adiwiyata lainnya yang ada di Kabupaten Batang yang masih berada di tingkat provinsi bisa menyusul meraih predikat sekolah adiwiyata nasional." kata Handi Hakim setelah menyaksikan penyerahan penghargaan yang dilakukan secara virtual.

Senior Manajer CSR PT BPI Bhayu Pamungkas mengatakan keberhasilan ini merupakan kesuksesan bersama semua pihak dan sekaligus menjadi motivasi sekolah adiwiyata lainnya yang kini masih di tingkat provinsi dan tingkat kabupaten.

"Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan memberikan dukungan, baik moril maupun materiil terhadap program Sekolah Adiwiyata binaan PT BPI ini. Semoga keberhasilan ini menjadi motivasi sekolah adiwiyata binaan lainnya untuk lebih bersemangat agar mampu meraih tingkat nasional," katanya.

Bhayu Pamungkas mengatakan hingga saat ini, PT BPI telah memiliki 20 sekolah binaan yang mengikuti program sekolah adiwiyata.

Sebanyak 20 sekolah adiwiyata binaan itu, kata dia, 4 Sekolah di antaranya sudah meraih kategori sekolah adiwiyata tingkat nasional, 4 sekolah adiwiyata tingkat provinsi, dan 12 sekolah adiwiyata tingkat kabupaten.

"Program CSR PT BPI ini merupakan wujud komitmenperusahaan dalam mengajak masyarakat sekitar perusahaan terutama institusi pendidikan bersama-sama membangkitkan kepedulian terhadap lingkungan," katanya.
Baca juga: 396 sekolah terima penghargaan lingkungan Adiwiyata
Baca juga: PLTU Batang serahkan 2.062 bibit pohon ke sekolah untuk penghijauan
Baca juga: 463 sekolah dapat penghargaan lingkungan Adiwiyata

Pewarta: Kutnadi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021