untuk memastikan perayaan Natal yang akan dirayakan oleh umat Kristiani mulai hari ini sampai esok hari berjalan aman dan lancar sebagaimana mestinya
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa meninjau pengamanan dan kesiapan Katedral menjelang ibadah Misa Natal 2021.

Kedatangan Puan, Kapolri, dan Panglima TNI diterima langsung  Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Kardinal Ignatius Suharyo dan Humas Keuskupan Agung Gereja Katedral Jakarta Susyana Suwadie.

"Saya bersama Pak Panglima, Pak Kapolri datang ke Gereja Katedral ini untuk memastikan perayaan Natal yang akan dirayakan oleh umat Kristiani mulai hari ini sampai esok hari berjalan aman dan lancar sebagaimana mestinya," kata Puan di Katedral Jakarta, Jumat.

Dalam tinjauannya, Puan juga memastikan protokol kesehatan selama ibadah tatap muka di gereja tetap diterapkan secara ketat.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menekankan bahwa pihaknya memastikan protokol kesehatan diterapkan oleh umat, mulai dari skrining melalui aplikasi PeduliLindungi, hingga saat umat berada di dalam gereja dengan tetap menggunakan masker.

Pembatasan jumlah umat yang ibadah di gereja juga masih diberlakukan dengan kapasitas sebesar 50 persen dan sisanya secara virtual.

Menurut Listyo, pemerintah terus berupaya mengendalikan kasus COVID-19 di mana saat ini jumlah kasus positif (positivity rate) di bawah 1 persen.

"Ini masih bisa kita pertahankan. Karena pengalaman di Natal Tahun Baru yang lalu terjadi peningkatan 2,5 kali lipat dan itu terus naik pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri," kata dia.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menegaskan bahwa kehadiran TNI berperan membantu pengamanan yang dilakukan oleh Polri.

"Intinya kami siap memberikan bantuan kepada Polri untuk mengamankan karena (Natal) ini adalah hari raya bagi warga negara Indonesia yang beragama Nasrani," kata Andika.
Baca juga: Lalu lintas sekitar Katedral padat menjelang Misa Malam Natal 2021
Baca juga: Tinjau Katedral, Menkopolhukam tekankan Natal momentum kebersatuan
Baca juga: Katedral fasilitasi umat beribadah Misa Natal 2021 secara daring

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021