Brussels (ANTARA News) - Negara-negara Eropa (EU), Senin, setuju mencoret Organisasi Mujahiddin Rakyat Iran (PMOI) dari daftar teroris yang dilarang. PMOI merupakan satu kelompok oposisi Iran di pengasingan yang mengungkapkan program nuklir Iran tahun 2002.

Seorang pejabat EU seperti dilaporkan Reuters mengatakan bahwa para menteri luar negeri EU menyetujui satu keputusan untuk mencabut kelompok itu dari daftar yang termasuk Hamas dan Macan Pembebasan Tamil Eelam (LTTE) Sri Lanka.

PMOI pada awalnya merupakan satu oposisi Islam berhaluan kiri pada saat Shah Iran masih berkuasa. Kelompok ini berpangkalan di Irak.

Para pengamat Barat mengatakan dukungannya di Iran terbatas karena kerja samanya dengan Irak selama perang Iran-Irak tahun 1980-1988. Organisasi itu tetap terlarang di AS.

Sekutu-sekutu PMOI  berulang-ulang menuduh  EU- yang memimpin usaha-usaha untuk membujuk Iran menghentikan program nuklirnya --berusaha "menenangkan" Teheran dengan tetap memasukkan kelompok itu dalam daftar hitam. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009