Yogyakarta (ANTARA News) - Jalur lintasan sepeda BMX yang berlokasi di Gembira Loka Yogyakarta diresmikan sebagai satu dari lima proyek yang diresmikan Pemerintah Kota Yogyakarta menjelang hari ulang tahun pemerintah daerah tersebut.

"Proyek di Gembira Loka ini ditujukan untuk mendukung prestasi olah raga sepeda di Yogyakarta, karena dari kota ini juga muncul atlet-atlet yang berprestasi nasional," kata Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto usai meresmikan trek BMX di Gembira Loka Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, lintasan BMX tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendukung prestasi olah raga sepeda di Kota Yogyakarta, dan bahkan bisa mendukung prestasi di tingkat nasional.

Selain itu, lanjut Herry, keberadaan lintasan BMX tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai lokasi pendukung Yogyakarta sebagai kota layak anak.

"Lintasan BMX ini bisa dijadikan sebagai lokasi untuk menyalurkan energi bagi anak-anak dan pemuda di Kota Yogyakarta. Ini menjadi fasilitas tambahan bagi mereka," katanya.

Proyek pembangunan lintasan sepeda BMX tersebut menggunakan dana hibah dari Pemerintah Kota Yogyakarta sebesar Rp1,7 miliar, yang diberikan dalam dua tahap yaitu Rp800 juta dan Rp900 juta pada 2009 dan 2010.

Kepala Bagian Pengendalian dan Pembangunan Kota Yogyakarta Edy Muhammad mengatakan, peresmian lima proyek menjelang Hari Ulang Tahun ke-64 Pemerintah Kota Yogyakarta tersebut dilakukan berdasar tema "Meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat untuk Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Bermartabat serta Masyarakat yang Sejahtera dengan Landasan Segoro Amarto".

Selain lintasan BMX, empat proyek lain yang diresmikan adalah pemberian sarana prasarana pendidikan dengan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp112 juta di SMP Muhammadiyah 9.

Pemerintah juga akan meresmikan sarana prasarana mandi cuci kakus (MCK) di Kelurahan Pakuncen sebesar Rp51 juta, dan taman di tepi Sungai Gadjah Wong di Kelurahan Prenggan dengan dana Rp43 juta, serta Taman di Taman Parkir Abu Bakar Ali yang murni diberikan oleh salah satu bank swasta.

"Lima proyek yang kini diresmikan tersebut merupakan proyek 2010," katanya.

Sepanjang 2010, Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki 822 paket pekerjaan dengan total nilai Rp385 miliar dari 29 satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

"Seluruh paket pekerjaan tersebut sudah dapat diselesaikan semuanya," lanjutnya.

Pelaksanaan proyek-proyek selama 2010 tersebut berjalan cukup baik, terbukti dari Silpa yang kecil, yaitu Rp62 miliar dibanding Silpa tahun-tahun sebelumnya yang mencapai sekitar Rp100 miliar. 
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011