Yogyakarta (ANTARA News) - Sri Sultan Hamengku Buwono X akan menghadiri rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang digelar di Solo, Jawa Tengah, 27-29 Januari.

"Saya akan datang besok (Selasa) karena diundang," kata Sultan usai menerima rombongan Megawati Soekarnoputri dan fungsionaris PDIP di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Senin malam.

Sejumlah sumber mengatakan, salah satu agenda Rapimnas PDIP di Solo adalah menentukan cawapres yang akan mendampingi Megawati.

Mengenai kemungkinan PDIP meminangnya menjadi pasangan Megawati dalam pemilihan presiden dan wakil presiden pada pemilu mendatang, Sultan enggan memastikan jawabannya.

"Nanti saya arogan kalau menjawab sekarang," kata Sultan yang menegaskan dia mendeklarasikan diri sebagai capres bukan cawapres.

Sementara itu, Megawati usai silaturahmi dengan Sultan tidak banyak memberikan komentar mengenai hal-hal yang dibicarakan bersama Sultan di Gedong Jene Keraton Yogyakarta.

"Saya makan dan melihat tari-tarian," kata Megawati yang langsung dipotong Sultan dengan mengatakan bahwa pertemuan di Gedong Jene hanya sebatas pengisi waktu menunggu siapnya Bangsal Sri Manganti tempat diadakannya jamuan makan malam.

Tetapi ketika didesak mengenai agenda dalam Rapimnas PDIP yang resmi dimulai pada Selasa (27/1), Megawati mengatakan bahwa rapat tersebut urusan internal PDIP.

Dalam sambutannya sebelum jamuan makan malam, Sultan mengatakan pertemuan dengan Megawati hanya silaturahmi dan tidak membicarakan masalah politik sedikit pun. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009