Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Rabu menyampaikan pidato peringatan pidato Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta.

Acara dimulai pukul 10.00 WIB di Ruang Nusantara IV itu merupakan peringatan atas pidato Bung Karno yang pertama kali menyampaikan gagasan dasar negara Pancasila pada sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Juni 1945.

Acara itu dihadiri oleh Wakil Presiden Boediono, pimpinan lembaga negara, menteri-menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, serta turut mengundang juga para mantan Presiden untuk menyampaikan pidato.

Menurut susunan acara yang dikeluarkan pihak MPR, Ketua MPR Taufik Kiemas mendapat giliran pertama berpidato.

Setelah itu, Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie, dijadwalkan menyampaikan pidato yang diikuti oleh pidato Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri. Sedangkan Presiden Yudhoyono mendapatkan giliran terakhir.

Masing-masing mantan Presiden dan Presiden mendapatkan jatah waktu 20 menit untuk berpidato.

Setelah menghadiri acara pidato di Gedung MPR/DPR/DPD, Presiden Yudhoyono pada pukul 14.00 WIB di Istana Negara dijadwalkan menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah (LHP LKPP).
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011