-
Jakarta (ANTARA News) - Situs belanja online terbesar di Jepang, Rakuten, ingin menjajal kebolehan di Indonesia.

Rakuten, Inc. dan PT Global Mediacom Tbk (MNC Group), melakukan joint venture untuk meluncurkan pusat perbelanjaan online bernama "Rakuten Belanja Online".

Chairman dan CEO Rakuten, Hiroshi Mikitani mengatakan Rakuten Belanja Online  menyediakan laman belanja yang aman, menyenangkan dan nyaman. 

"Kami akan memberdayakan penduduk Indonesia dengan kekuatan Internet," kata Hiroshi Mikitani ketika jumpa pers di Jakarta, Rabu (1/6).

Group President dan CEO MNC Group, Hary Tanoesoedibjo mengatakan kerjasama ini sangat efektif satunya sebagai perusahaan media nomor satu di Indonesia dan satu lagi adalah perusahaan bisnis online terbesar di Jepang.

Hary mengatakan kami akan membangun dan mengembangkan Rakuten Bisnis Online menjadi laman belanja Internet nomor wahid di Indonesia.

"Kami bisa menjadi promotional tool," katanya.

Hiroshi tertarik dengan membuka Rakuten Bisnis Online di Indonesia karena Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar ke empat di dunia (240 juta), dan pengguna internet terbesar (sekitar 33 juta) dibanding dengan negara lainnya di Asia Tenggara.

Rakuten sudah terdapat di Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Perancis, Jepang dan Indonesia

"Indonesia memiliki potensi pertumbuhan e-commerce yang sangat besar," kata Hiroshi.

Rakuten Belanja Online akan menawarkan berbagai jenis barang seperti barang-barang elektronik, kosmetik, fashion seperti gadget, kosmetik jepang dan kimono. Produk merek lokal dan kerajinan tradisional seperti Mustika Ratu dan Martha Tilaar juga turut dijual. 

"Gadget, paling banyak peminatnya," kata Reino R Barrack, Direktur Rakuten Indonesia.

Rakuten Bisnis Online telah menjalin kesepakatan dengan bank-bank terkemuka di Indonesia seperti BCA dan Bank Mandiri untuk memudahkan pembayaran melalui internet.

"Pembayaran bisa dengan kartu kredit dan transfer ATM dll," kata Reino.

Reino mengatakan ada beberapa cara untuk menanamkan kepercayaan kepada pelanggan Indonesia untuk membeli barang melalui Rakuten Belanja Online yaitu keamanan terjamin, kepastian logistik dan promosi.

Reino melanjutkan sebelumnya, kami sudah mengecek latar belakang dan produk perusahaan bersangkutan, untuk logistik kami sudah bekerjasama dengan empat perusahaan pengirimanan barang termasuk GNI dan TIKI.
(Adm/A038)


Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011