Bogor (ANTARA News) - Kepadatan arus lalu lintas terjadi di Simpang Ciawi, Kabupaten Bogor, Jabar, dari arah Pintu Tol Jagorawi menuju Sukabumi, Kamis petang, akibat membludaknya jumlah kendaraan yang melintas pada masa libur panjang.

Pantauan ANTARA di lapangan pada pukul 18.02 WIB, arus kendaraan tersendat di Simpang Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Antrian kendaraan berjejer lapis tiga bergerak dari gerbang tol menuju arah Sukabumi. Laju terhenti akibat padatnya arus lalu lintas. Kendaraan hanya bisa berjalan beberapa saat lalu berhenti.

Puluhan kendaraan didominasi kendaraan pribadi, bus, truk angkutan barang dan roda dua,

Menurut salah seorang penjaja asongan di Simpang Ciawi, kepadatan arus terjadi sejak pagi. "Sudah dari pagi macetnya, sudah biasa setiap liburan macet begini," katanya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, AKP Syarif Zainal Abidin mengatakan kepadatan arus lalu lintas terjadi karena libur panjang.

"Jumlah kendaraan libur panjang ini meningkat dari libur biasanya. Otomatis, ruas jalan yang ada tidak mampu menampung jumlah kendaraan yang melintas," kata Syarif.

Kasat mengatakan, untuk mengantisipasi kemacetan pihaknya telah menurunkan 250 personel di titik-titik rawan kemacetan.

"Kita juga memberlakukan sistem one way di Jalur Puncak," katanya.

Sementara untuk jalur Ciawi-Sukabumi, kepadatan terjadi selain karena aktivitas di Pasar Ciawi juga karena kondisi jalan Ciawi banyak yang rusak.

"Di jalur Ciawi karena badan jalan kecil dan ada beberapa titik yang rusak menyebabkan kemacetan," katanya.

Sementara itu, arus lalu lintas di kawasan Puncak pada petang hari ini ramai lancar.

Dari arah Simpang Gadok tidak terlihat antrian kendaraan. Petugas Satlantas Polres Bogor telah membuka jalur satu arah dan jalur normal kembali diberlakukan.

Kepadatan arus lalu lintas juga terpantau di wilayah Kota Bogor. Seperti di Jalan Pajajaran, Jalan Jalak Harupat, Jalan Sudirman, Jalan Juanda, Jalan Suryakencana, dan Tajur.(*)
(T.KR-LR/S022)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011