Berlin (ANTARA News) - Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan membahas peran negara-negara berkembang dalam Dana Moneter Internasional (IMF) dalam pembicaraan pekan depan, demikian sebuah sumber di Berlin seperti dikutip AFP, Jumat.

Pejabat senior Jerman yang tak menyebutkan namanya itu mengatakan Merkel dan Obama akan berbicara di Washington tentang "apakah Amerika selalu kepala Bank Dunia dan orang Eropa selalu di IMF".

Jerman sangat mendukung Menteri Keuangan Prancis Christine Lagarde untuk pos IMF yang dikosongkan bulan lalu oleh Dominique Strauss-Kahn setelah pria Prancis itu ditangkap dan didakwa melakukan pelecehan seksual di New York.

Dan minggu lalu Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengatakan menyambut pencalonan Lagarde untuk kepemimpinan IMF, meskipun Amerika Serikat tidak mengambil posisi resmi.

Tapi Gubernur Bank Sentral Meksiko Agustin Carstens mengatakan menjadi kepala IMF berikutnya akan menjadi kemenangan besar bagi seluruh negara berkembang.

Carstens, 52, mengecam apa yang ia sebut ketidakkredibilan Eropa dalam mencari salah satu dari mereka sendiri untuk menggantikan Strauss-Kahn sebagai bos IMF.

Sementara Merkel menyebut Lagarde memiliki kualifikasi baik untuk ketua IMF dan mendesak negara-negara berkembang untuk memberinya penilaian "obyektif".(*)

A026/M012

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011