counter

Penggemar Ontel Indonesia-Malaysia Keliling Kota Bandung

Penggemar Ontel Indonesia-Malaysia Keliling Kota Bandung

Sejumlah penjual asesoris sepeda memajang jualannya di Gedung Indonesia Menggugat dalam acara "Kayuhan 2 Negara Malaysia-Indonesia", Bandung, Jawa Barat, Sabtu (4/6). Acara yang digagas oleh Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) merupakan ruang silaturahmi para pencinta Sepeda Ontel dari Indonesia dan Malaysia. Termasuk di dalamnya membuat pasar kaget untuk memenuhi keinginan pemilik sepeda guna melengkapi asesoris sepeda tuanya. (FOTO ANTARA/Agus Bebeng)

Bandung (ANTARA News) - Komunitas penggemar sepeda tua (ontel) dari Indonesia dan Malaysia mengayuh sepeda keliling Kota Bandung, Minggu.

Kegiatan yang bertajuk "Kayuhan Dua Negara" (K2N) yang diikuti 35 orang penggemar sepeda Malaysia tersebut dilepas Wakil Wali Kota Bandung H Ayi Vivananda dari Balaikota Bandung.

Sekitar 1.000 orang penggemar sepeda ontel - atau dikenal onthelis - yang terlibat dalam kegiatan itu terdiri atas komunitas Paguyuban Sapedah Baheula dan Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti).

Sejumlah ruas jalan yang dilintasi konvoi penggemar sepeda ontel dari dua negara itu antara lain Jalan Tamblong, Jalan Lengkong, Sadakeling dan kawasan Jalan Buah Batu yang dua minggu terakhir menjadi kawasan "car free day".

"Kegiatan bersepeda ini sangat positif, dan salah satu cara silaturahmi dan mempererat persaudaraan kedua negara, Indonesia dan Malaysia. Kegiatan bersepeda bebas dari urusan politik," kata Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vivananda.

Bahkan Pemkot Bandung mendorong agar komunitas sepeda tua di Bandung untuk melakukan kerjasama dan kegiatan dengan sejumlah komunitas penggemar sepeda dari negara lain, salah satunya dari Belanda.

"Bersepeda itu sehat, diharapkan masyarakat menggunakan kembali sepeda untuk mengurangi emisi dan kepadatan Kota Bandung," kata Ayi.

Sementara itu Koordinator Kegiatan Kayuh 2 Negara, Yahya Jauhari, menyebutkan kegiatan bersepeda bersama dengan perwakilan komunitas sepeda tua Malaysia itu merupakan kegiatan balasan setelah tahun lalu perwakilan onthelis Bandung melakukan kegiatan bersepeda bersama di Malaysia.

"Tahun lalu kami ke Malaysia, dan tahun ini giliran mereka mengikuti kegiatan Kayuh 2 Negara di Bandung. Kegiatan ini akan rutin digelar, tidak hanya dengan Malaysia tapi dengan komunitas di negara lainnya," kata Yahya.

Yahya menyebutkan, penggemar sepeda onthel di Kota Bandung cukup banyak dan selama ini rutin menggelar kegiatan.

Pada kesempatan itu, Yahya menyambut baik rencana Pemkot Bandung akan memfasilitasi Festival Sepeda Onthel pada September 2011 bertepatan dengan HUT Kota Bandung. (S033/B/S019/C/S019)

(ANTARA)

Rombongan sepeda ontel semarakkan torch relay di NTB

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar