Banjarnegara (ANTARA News) - Gempa tektonik berkekuatan 3,7 skala richter (SR) mengguncang sebagian wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu pukul 21.02.08 WIB.

Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Ahmad Lani, mengatakan, gempa tersebut berlokasi di 7,60 derajat lintang selatan dan 109,67 derajat bujur timur.

"Lokasi gempa berada di wilayah Bantarkawung atau sekitar delapan kilometer sebelah utara Kebumen dengan kedalaman 10 kilometer. Ini gempa lokal dan dapat dirasakan hingga III MMI (Mercalli Modify Intensity) di Banjarnegara," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, warga di sekitar Stasiun Geofisika Banjarnegara tampak keluar rumah akibat merasakan gempa tersebut.

Mengenai kemungkinan penyebab terjadinya gempa, dia mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil analisis dari BMKG pusat.

"Kami masih menunggu hasil analisis dari pusat, apakah ada sesar yang aktif karena di wilayah Bantarkawung banyak terdapat sesar," katanya.

Sejumlah warga Kota Banjarnegara mengaku dikejutkan oleh guncangan gempa tersebut.

"Guncangannya sangat kencang. Saya kira akibat adanya peningkatan aktivitas di Gunung Dieng. Tidak ada apa-apa `kan di Dieng," kata Bayu melalui telepon seluler.

Warga lainnya, Dian juga mengaku merasakan guncangan gempa tersebut.

"Di Banjarnegara terasa `gede banget` mas. Ga ada kejadian apa-apa to?," kata dia melalui pesan singkat yang diterima ANTARA di Batur, Dataran Tinggi Dieng.
(SMT)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011