Jakarta,6/6 (ANTARA) - Dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia Yayasan Danamon Peduli dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) selama bulan Mei 2011 mengadakan program Bulan Kepedulian Lingkunganku sebagai langkah nyata kepedulian bersama menjaga dan melestarikan lingkungan. Kegiatan ini sejalan visi korporasi dan yayasan yaitu "Kita Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan". Program ini dilakukan di sekitar 1.800 cabang Danamon yang tersebar di seluruh tanah air.

     Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day Tahun 2011 adalah "Forests: Nature at your Service." Tema tersebut dijabarkan dengan mengadakan acara puncak Bulan Kepedulian Lingkunganku di hutan kota Langsat, Jakarta Selatan. Acara yang dihadiri kurang lebih tiga ratus orang ini, difokuskan pada kegiatan penanaman yang dilakukan oleh pimpinan dan warga Danamon, mitra pendukung acara, media, peserta acara maupun masyarakat sekitar. Selain itu, guna lebih mempopulerkan dan mengampanyekan "pendekatan ramah lingkungan", masyarakat dapat mengambil secara cuma-cuma sampel kompos yang telah disiapkan oleh panitia.  Acara ini didukung oleh beberapa mitra yaitu PT Sari Coffee Indonesia (Starbucks Indonesia), Green Radio, Satu Dunia, Sekolah Alam Bintaro dan ASA Foundation.

     Menurut Bonaria Siahaan Ketua Umum Dewan Pengurus Yayasan/Direktur Eksekutif Danamon Peduli, Sesuai dengan tema yang kami angkat yaitu "Berpikir Global dan Bertindak Lokal, Kami Mewujudkan Kepedulian Pada Lingkungan Kami", kami menyadari penuh bahwa upaya pelestarian lingkungan hidup harus melibatkan semua unsur selain pemerintah, termasuk unsur swasta, media dan masyarakat. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, kami mencoba melibatkan partisipasi unsur-unsur tersebut dan masyarakat untuk mengajak dan membangun kesadaran bersama akan pentingnya masing-masing kita melakukan tindakan nyata yang dapat bersumbangsih pada upaya melestarikan dan menyelamatkan lingkungan hidup. Dan tindakan nyata itu dapat mulai dilakukan secara sederhana oleh setiap individu.  "Kesadaran bersama untuk melakukan tindakan pelestarian di tingkat masyarakat ini sangat penting, sebab seperti kita ketahui, berbagai kerusakan lingkungan hidup yang juga berdampak pada terjadinya beberapa bencana yang akhir-akhir ini sering terjadi, adalah akibat ulah dan perilaku manusia. Sebagai contoh, banjir bandang, banjir di kota, makin panasnya bumi," demikian ditegaskan oleh Bonaria.

     Sepanjang bulan Mei ini, kegiatan di berbagai wilayah di tanah air, terselenggara hasil kerjasama cabang Danamon bersama dengan Pemda dan masyarakat setempat. Di beberapa daerah, kegiatan dilakukan oleh gabungan dari beberapa cabang. Jenis-jenis kegiatan pelestarian lingkungan yang dilakukan antara lain berupa penghijauan wilayah dengan penanaman pohon, pembuatan lobang biopori, pengumpulan dan pengolahan sampah serta pemberian tempat-tempat pembuangan dan pengangkutan sampah. Di beberapa daerah yang mengalami kesulitan air bersih, Danamon juga membantu pembuatan penampungan air bersih dan fasilitas sanitasi.

     Sementara, di Jakarta, seluruh karyawan keluarga besar Danamon yang tersebar di 8 gedung perkantoran, melakukan pengumpulan sampah kertas dan koran-koran bekas yang hingga acara puncak mencapai 883 kg.  Kumpulan sampah kantor ini disumbangkan kepada bank 2 bank sampah di Jakarta Selatan. Penyerahan sampah secara simbolik dilakukan oleh Direktur Danamon, Muliadi Rahardja, kepada bank sampah Rosela dan bank sampah Harmoni.

     PT Bank Danamon Indonesia, Tbk telah melakukan langkah nyata mendukung pelestarian lingkungan. Menurut Muliadi Raharja mewakili Direktur Utama Danamon. "Layanan e-statement digunakan seluruh nasabah Danamon mulai 18 April 2011. Tujuannya, adalah untuk meningkatkan layanan kepada seluruh nasabah selain ikut berpartisipasi mendukung pelestarian lingkungan dengan menghemat penggunaan kertas. E-statement juga memudahkan nasabah kita untuk menerima laporan rekening koran lebih cepat dan mudah serta dapat diakses kapan saja, dari mana saja."

     Muliadi menambahkan, "Latar belakang inisiatif ini adalah kami ingin berkontribusi langsung terhadap pelestarian lingkungan. Sebagai bank, diantara lain yang dapat kami lakukan adalah mengurangi penggunaan kertas untuk Banking dan Billing Statement setiap tahunnya. Langkah ini melibatkan partisipasi aktif dari nasabah kami untuk mengubah pengiriman informasi rekening dan tagihannya dari bentuk cetak ke email." Saat ini Danamon menggunakan 34.635.541 lembar (=69.271 rim) kertas, setara dengan penggunaan 69.271 pohon berumur 5 tahun. "Dengan menghemat penggunaan kertas untuk Banking dan Billing Statement, kami berkontribusi untuk menghemat pula penggunaan hutan alam seluas 138.542 meter persegi, atau sekitar 13.8 ha per tahunnya.," lanjut Muliadi.

     Acara puncak Bulan Kepedulian Lingkunganku dihadiri oleh Nurul Jannah, Kasubid Dunia Usaha Kementerian Lingkungan Hidup. Steven Rondiquez, Deputy Country Director UNDP, Dra. Tri Wahyuning Diah, M.Si, Asisten Pembangunan & Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Jakarta Selatan, dan Yusiono Anwar Supalal, S.Si, MAS, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Jakarta Selatan. Sementara itu, dari direksi Danamon hadir Muliadi Rahardja, Ali Yong dan Vera Eve Lim. Bersama-sama, mereka akan menanam pohon dan membuat lubang biopori di hutan kota Langsat.

     Usai acara utama, dilanjutkan dengan acara interaktif bersama masyarakat dan undangan dalam bentuk atraksi dan kuis lingkungan hidup, serta pameran oleh beberapa undangan tentang kegiatan pelestarian lingkungan hidup masing-masing. Selain itu, mengawali acara di tempat, bekerjasama dengan komunitas sepeda, dilakukan pembagian kompos secara cuma-cuma kepada warga di kelurahan yang berada dalam radius 5 km dari Taman Langsat.  Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak warga secara bersama-sama menjaga dan memelihara lingkungannya dengan memanfaatkan kompos yang ramah lingkungan.

     Tentang Yayasan Danamon Peduli :
     Yayasan Danamon Peduli resmi dibentuk oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk dan PT Adira Dinamika Multifinance Tbk 17 Februari 2006. Yayasan Danamon Peduli mendukung pembangunan berkelanjutan, berbasis kebutuhan komunitas dan melibatkan relawan. Misi tersebut diwujudkan melalui 2 program utamanya, yaitu Program PASAR SEJAHTERA yang bertujuan memperbaiki tingkat kesehatan lingkungan dalam lingkungan pasar tradisional sebagai bagian dari upaya revitalisasi pasar tradisional. Sementara melalui program CEPAT TANGGAP BENCANA, Yayasan Danamon Peduli bekerjasama dengan para relawan menyalurkan bantuan cepat kepada masyarakat yang terkena bencana selain juga melakukan beberapa kegiatan edukasi masyarakat dalam upaya mencegah dan memitigasi dampak bencana. Kegiatan BULAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN merupakan salah satu bentuk dari program ini. Sejak didirikannya, Yayasan Danamon Peduli juga telah meraih beberapa penghargaan antara lain Juara ke-2 tingkat dunia BBC World Challenge 2009, MDGs Award 2009 untuk kategori pengentasan kemiskinan.

     Tentang Danamon:
     PT Bank Danamon Indonesia Tbk didirikan pada tahun 1956 dan sampai dengan 31 Maret 2011 memiliki lebih dari 2.300 kantor cabang dan point of sales, termasuk unit Danamon Simpan Pinjam (DSP) dan unit Syariah, serta kantor-kantor cabang anak perusahaannya. Danamon memberikan kepada nasabahnya akses ke lebih dari 25.000 ATM, termasuk melalui kerjasama dengan ATM Bersama dan ALTO di 33 provinsi di Indonesia dan saat ini didukung oleh sekitar 53.400 karyawan (termasuk karyawan anak perusahaan).
Danamon belum lama ini menerima penghargaan The Best of Indonesia Service to Care Champion 2011 untuk kategori bank konvensional dengan aset diatas Rp 65 triliun dari MarkPlus Insight dan Majalah Marketeers, serta Best Local Cash Management Banks in Indonesia dalam Asiamoney Cash Management Poll 2010 oleh Asiamoney.

     Danamon dinobatkan sebagai Best Mobile Banking, Best SMS Banking, Best Internet Banking serta termasuk dalam Top 10 Most Consistent Bank in Service Excellence dalam hal konsistensi kualitas layanan bank secara keseluruhan dalam ajang Banking Service Excellence Awards 2010 oleh Infobank dan Marketing Research Indonesia. Danamon terpilih sebagai Best Performance Banking 2010 dalam ABFI Banking Award untuk kategori bank umum swasta besar dari ABFI Institute dan PERBANAS serta merupakan salah satu dari 10 perusahaan prestisius Indonesia oleh The Forbes Global 2000, suatu pemeringkatan tahunan atas 2.000 perusahaan publik terkemuka di seluruh dunia yang dilakukan oleh majalah Forbes di tahun 2010.

     Danamon adalah penerbit tunggal dan pihak yang mengakuisisi kartu kredit American Express " di Indonesia berdasarkan perjanjian pengoperasian independen yang memungkinkan Danamon menerbitkan kartu kredit American Express" pada nasabah individual dan korporasi. Danamon juga merupakan satu-satunya bank yang memberikan layanan kepada mitra bisnis lokal yang menerima pembayaran dengan kartu kredit American Express- dan untuk menerima mitra bisnis baru di Indonesia.

     PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira) adalah anak perusahaan Danamon yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor dan memiliki jaringan kantor cabang yang luas di lebih dari 260 kota di Indonesia. Pada tanggal 31 Maret 2011, 67,41% saham-saham Danamon dimiliki oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. dan sebesar 32,59% oleh publik.

     Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :
Bonaria Siahaan, Executive Director Yayasan Danamon Peduli   (0818899948) dan Teddy Andika Setiadi , Manager Communication  (0811186769) Telephone : (+6221) 52900291 , Fax : (+6221) 52906653
Email :  yayasan.peduli@danamon.co.id


Pewarta: Masnang
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011