perkembangan kasus cenderung menurun
Samarinda (ANTARA) - Pasien positif COVID-19 yang masih dirawat pada aneka layanan kesehatan di Provinsi Kalimantan Timur hingga saat ini berjumlah 22 orang.

Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan berdasarkan rilis kasus harian hanya terjadi penambahan dua kasus sembuh, sedangkan untuk kasus terkonfirmasi positif dan meninggal dunia tidak ada temuan kasus baru.

"Empat wilayah Kaltim yakni Kabupaten Mahakam Ulu, Kutai Timur, Berau dan Kota Balikpapan dalam status zona hijau COVID-19," kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Minggu.

Sementara enam wilayah Kaltim lainnya yakni Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Panajam Paser Utara, Paser, Kota Samarinda dan Bontang masih berada dalam zona kuning COVID-19.

"Kami bersyukur memasuki awal tahun ini tidak terjadi lonjakan kasus seperti tahun sebelumnya, perkembangan kasus cenderung menurun dan beberapa wilayah zona kuning juga sudah bersiap masuk zona hijau," kata Andi.

Menurut Andi, secara akumulasi jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah Kaltim berjumlah 158.334 kasus, yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 152.860 kasus dan meninggal dunia sebanyak 5.452 kasus.

"Dalam kurun dua bulan terakhir memang belum ada tambahan kasus meninggal dunia dan kami bersyukur karena hampir semua pasien COVID-19 bisa disembuhkan," kata Andi.

Andi tak bosan mengingatkan kepada masyarakat untuk tertib dalam mematuhi protokol kesehatan, mengingat ancaman penularan virus masih terjadi.

"Kalau kita lengah maka tidak mustahil bakal terjadi lonjakan kasus, terlebih varian baru Omicron sudah masuk di Indonesia dan berpotensi menular hingga ke seluruh daerah," jelas Andi.

Baca juga: Kasus sembuh COVID di Kaltim bertambah 336 orang
Baca juga: Gubernur: Presiden masih janjikan pengiriman vaksin ke Kaltim


 

Pewarta: Arumanto
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022