Paris (ANTARA News) - Badan Energi Internasional, IEA, pada hari Rabu mengatakan "kecewa" dengan keputusan OPEC yang tidak meningkatkan produksi minyak. IEA mendesak para produsen untuk memproduksi lebih banyak minyak  guna menghindari kenaikan harga lebih lanjut.

"Kami kecewa karena anggota OPEC hari ini tidak dapat menyepakati kebutuhan untuk membuat minyak lebih tersedia di pasar ," kata IEA yang berbasis di Paris, yang mewakili kepentingan negara-negara industri.

Dalam  pernyataansegera setelah pertemuan OPEC di Wina gagal menyetujui tentang kenaikan produksi, IEA mendesak "para produsen utama untuk merespon sesuai dengan itu" dan memompa lebih banyak minyak ke pasar untuk memenuhi peningkatan permintaan musiman.

"Jika tidak, keadaan yang terus berlanjut di pasar akan meningkatkan potensi merusak pemulihan ekonomi, yang juga merupakan kepentingan dari produsen maupun konsumen," kata IEA.

Sebelumnya, para pedagang  berspekulasi bahwa OPEC akan mengumumkan peningkatan produksi  untuk membantu mendinginkan harga minyak.

"Sayangnya kami tidak dapat mencapai konsensus saat ini untuk mengurangi atau meningkatkan produksi kami," kata Sekretaris Jenderal OPEC Abdullah El-Badri setelah pertemuan Wina.
(A026/M012)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011