New Delhi (ANTARA) - Ketua Menteri Delhi Arvind Kejriwal mengatakan pada Selasa bahwa ia terkonfirmasi positif COVID-19, satu hari setelah berbicara pada rapat umum pemilihan di mana tak seorang pun di mimbar yang menggunakan masker kendati infeksi melonjak di negara itu.

Kejriwal, pejabat terpilih paling senior di wilayah Delhi, merupakan satu dari 37.379 kasus baru COVID-19 yang dilaporkan di India dalam 24 jam terakhir.

Jumlah kasus harian merupakan tertinggi sejak awal September setelah varian COVID-19 Omicron menggantikan Delta di tempat-tempat seperti di ibu kota meskipun pihak berwenang mengatakan rawat inap belum melonjak.

Kejriwal, yang berpidato di rapat umum di negara bagian Uttarakhand, mengatakan di Twitter ia telah menjalani isolasi di rumah dengan gejala ringan dan mendesak mereka yang melakukan kontak dengannya dalam beberapa hari belakangan untuk melakukan hal yang sama dan dites COVID-19.

Rapat umum besar-besaran pada awal tahun lalu membuat varian Delta membawa malapetaka di negara itu dan di beberapa negara bagian menuju pemilihan lagi dalam beberapa bulan yang memicu kekhawatiran para ahli kesehatan dan masyarakat.

Media lokal melaporkan bahkan pengadilan di negara bagian utara Uttar Pradesh, negara bagian terpadat di India, mendesak pihak berwenang untuk mempertimbangkan penundaan pemilihan di sana.

“Coba meluangkan beberapa waktu selama isolasi untuk menonton video atau iklan Anda sendiri tentang bagaimana untuk berhati-hati, menggunakan masker, dan tidak berkumpul di tempat umum,” kata pengguna Facebook Abhishekh Singh menulis di lama resmi Kejriwal.

Delhi melaporkan lebih dari 4.000 infeksi baru pada Senin malam dengan lebih dari enam persen hasil tes positif.

Pemerintah federal telah mengimbau otoritas lokal untuk memberlakukan pembatasan pergerakan seperlunya saat tingkat positif itu menembus lima persen.

Tingkat kasus positif di India secara umum nyaris meningkat tiga kali lipat sejak awal November ke 3,24 persen pada Selasa dan beberapa kota sudah menutup sekolah dan perguruan tinggi.

Negara itu sejauh ini sudah mengkonfirmasi 1.892 kasus Omicron, paling banyak di Mumbai, ibu kota negara bagian Maharashtra, diikuti oleh Delhi, berdasarkan kementerian dalam negeri India.

Angka kematian di negara itu naik 124 menjadikan total 482.017. Total infeksi sebanyak 34,96 juta.

Sumber: Reuters
Baca juga: India catat 22.775 kasus baru COVID-19 dalam sehari
Baca juga: New Delhi larang pertemuan pada perayaan Natal dan Tahun Baru
Baca juga: India catat 200 kasus Omicron di 12 negara bagian


Penerjemah: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022