Jakarta (ANTARA) - China telah memperkenalkan sebuah rencana untuk mencegah pencemaran tanah dan air bawah tanah serta melindungi lingkungan pedesaan selama periode Rencana Lima Tahun ke-14 (2021-2025).

Seperti dilansir Xinhua, Rabu, rencana yang dikeluarkan bersama oleh Kementerian Ekologi dan Lingkungan China, Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China, serta lima lembaga pemerintah lainnya menguraikan berbagai tugas untuk mengatasi isu-isu utama dalam memerangi pencemaran tanah dan air bawah tanah, serta untuk meningkatkan tata kelola lingkungan di bidang pertanian dan wilayah pedesaan.

China akan meningkatkan upayanya dalam pengendalian sumber pencemaran lahan pertanian, mencegah pencemaran tanah dari perusahaan industri dan pertambangan, juga memajukan pengendalian dan remediasi pencemaran tanah pada lahan konstruksi, menurut rencana itu.

Dalam Rencana Lima Tahunan itu China juga akan membangun sebuah sistem untuk mengelola pencegahan dan pengendalian pencemaran air bawah tanah, meningkatkan pengolahan limbah domestik dan sampah rumah tangga di wilayah pedesaan, dan memastikan keamanan sumber air minum bagi penduduk pedesaan.

Berbagai upaya juga akan dilakukan dalam rencana itu guna memperketat pengawasan lingkungan ekologis, sembari memperkuat penegakan hukum terhadap pencemaran lingkungan, dan menggenjot dukungan ilmiah dan teknologi untuk perlindungan ekologis.

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022