Halle, Jerman (ANTARA News) - Juara bertahan Lleyton Hewitt tersingkir dari turnamen ATP lapangan rumput di Halle setelah ia kalah dua set langsung oleh Philipp Kohlschreiber pada perempat final, Jumat.

Kohlschreiber maju ke semifinal Halle untuk keempat kalinya sepanjang karir setelah memastikan kemenangan 7-6 (7/4), 6-3 atas mantan nomor satu dunia tersebut dalam waktu 90 menit.

Petenis Jerman tersebut menghasilkan 14 "ace", dibandingkan lawannya yang menghasilkan sembilan, pada pertandingan tersebut dan kekalahan bagi Hewitt, yang kembali tampil setelah operasi pergelangan kaki, berarti akan tersingkir dari 100 peringat teratas ATP.

"Hari ini, saya bisa melihat peningkatakan dalam permainan saya -segalanya baik dan saya sering mendapat sedikit keberuntungan berpihak kepada saya," kata Kohlschreiber.

"Saya tidak bisa melakukan banyak kesalahan. Pertandingan ini bagus - meskipun ia baru kembali dari cedera, Lleyton Hewitt masih salah satu pemain terbaik di dunia.

"Pertandingan selanjutnya akan sulit, siapapun yang berada di seberang net..."

Servis kuat Kohlschreiber lah yang membawanya meraih kemenangan dan ia akan melawan Gael Monfils pada semifinal, Sabtu, setelah petenis Prancis itu mengalahkan Florian Mayer dari Jerman 6-4, 6-4 dalam waktu satu jam lebih sedikit.

Setelah penarikan diri petenis nomor tiga dunia Roger Federer, Senin, Tomas Berdych menjadi unggulan teratas dan juara turnamen yang sama pada 2007 itu tidak banyak menghadapi masalah saat ia menikmati kemenangan 7-6 (7/3), 6-1 pada perempat final atas unggulan kelima Viktor Troicki.

Kerasnya lapangan di Halle disenangi para petenis yang mempunyai pukulan keras dan menjadi ajang pertarungan antar mereka, ketika Berdych menghasilkan 13 "ace", dibandingkan petenis Serbia tersebut yang memperoleh 11, ketika kedua pemain menghasilkan 14 "ace" hanya pada set pertama saja.

Berdych akan bertemu dengan Philipp Petzschner pada semifinal setelah petenis Jerman itu membukukan tempat dengan menyisihkan unggukan delapan, pendatang baru asal Kanada Milos Raoni.

Pada pertandingan babak delapan besar yang sulit, Petzschner hampir membutuhkan waktu dua jam untuk mengatasi petenis berusia 20 tahun Raonic dan memastikan kemenangan 6-3, 6-7 (6/8), 6-3.

"Itu adalah pertandingan yang ketat. Saya hampir memenanginya pada set kedua," kata Petzschner, yang juga mencapai semifinal turnamen yang sama tahun lalu.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011