Ankara (ANTARA News) - Duta Besar Iran di Turki, Bahman Hosseinpour, mengatakan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan untuk kemenangan partai politiknya, Partai Keadilan dan Pembangunan, dalam pemilu parlemen negara itu.

`Kemenangan Partai Keadilan dan Pembangunan Turki adalah untuk ketiga kalinya berturut-turut, dan pembentukan kabinet Turki baru akan dilakukan setelah pemilihan parlemen. Ucapan selamat atas keberhasilan pemilihan parlemen Turki adalah isi utama pesan Presiden Ahmadinejad kepada Perdana Menteri Erdogan," tambah Hosseinpour.

Partai Keadilan dan Pembangunan berhasil mendapatkan jumlah suara tertinggi dalam pemilihan parlemen Turki yang diselenggarakan pada Ahad.

Partai Keadilan dan Pembangunan, yang berkuasa di Turki, unggul dalam pemilihan umum Ahad, menurut laporan-laporan media mengutip penghitungan awal.

Sementara 90,3 persen suara nasional telah dihitung, Partai Keadilan dan Pembangunan meraih 50,6 persen suara dan mengungguli kubu oposisi utama Partai Rakyat Republik -- yang meraih 25,6 persen, dan partai oposisi terbesar kedua, Partai Gerakan Nasionalis yang mendapat 13,2 persen suara, kata stasiun televisi Turki, NTV.

Para calon independen mengantungi 6,1 persen suara.

Para pendukung, yang kebanyakan pemuda, berkumpul di luar markas Partai Keadilan dan Pembangunan di Ankara guna merayakan kemenangan serta menunggu pemimpin partai, Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan sambutan, yang ditayangkan langsung oleh stasiun televisi.

Lebih dari 50 juta warga Turki diperkirakan mendatangi tempat pemungutan suara untuk memberi suara mereka, pada Ahad, untuk memilih 550 anggota parlemen dari 7.492 calon yang berasal dari 15 partai politik dan 203 calon independen.
(H-AK/B002)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011