Jakarta (ANTARA News) - Pebalap nasional Alexandra "Andra" Asmasoebrata terobsesi merebut podium pertama untuk kategori umum (over all) pada kejuaraan Asian Formula Renault (AFR) Seri III di Zhuhai International Circiut China, 17-19 Juni nanti.

Keinginan pebalap kelahiran 23 tahun lalu itu bukan tanpa alasan karena pada dua seri sebelumnya yang juga dilaksanakan di Zhuhai mampu naik podium diposisi kedua dan ketiga dan satu kali posisi pertama untuk kategori Asia.

"Persiapan untuk seri tiga jelas lebih bagus dibandingkan dua seri sebelumnya. Apalagi calon lawan yang akan dihadapi sama dengan seri-seri sebelumnya," kata Andra jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, selain telah menyiapkan mental, tim yang sejak lama mempersiapkan kendaraannya telah menempukan settingan yang pas sehingga kemampuannya sudah bisa diadu dengan pebalap yang lain.

Selain itu, kata dia, waktu sirkuit juga akan menentukan jalannya perlombaan. Selama ini Zhuhai telah akrab dengan pebalap yang juga seorang pengusaha rumah makan yang ada di ibukota itu.

"Saya cukup hafal dengan lintasan di Zhuhai. Sangat ini tinggal menunggu faktor keberuntungan saja. Namanya juga balapan. Pasti ada yang kalah dan yang menang. Tapi saya akan berusaha semaksimal mungkin," katanya menambahkan.

Andra pada balapan yang telah memasuki seri tiga merupakan satu-satunya pebalap wanita yang turun di kejuaraan ini. Meski demikian prestasinya cukup bagus dan saat ini telah mengumpulkan tujuh tropi dari dua seri yang diikuti.

Untuk kategori over all, anak dari Alex Asmasoebrata itu akan menghadapi pebalap profesional dari beberapa negara diantaranya dari Venezuela, Amerika Serikat dan Finlandia serta dari negara Asia.

"Kami minta dukungan pada seluruh masyarakat Indonesia agar mampu merebut podium tertinggi dan mampu mengibarkan bendera Merah Putih," kata Andra menegaskan.

Sementara itu staf ahli Kementerian BUMN, Bagus Rumbogo mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh Andra Asmasoebrata pada beberapa kejuaraan internasional.

"Banyak cara untuk mengharumkan nama bangsa. Salah satunya dengan menjuarai kejuaraan internasional seperti yang dilakukan oleh Andra," katanya di sela syukuran keberangkatan Andra ke Zhuhai China.

Andra sesuai dengan jadwal akan berangkat ke China, Rabu (15/6) dan selanjutkan akan bergabung dengan tim yang lain untuk melakukan persiapan awal sebelum turun pada kejuaraan resmi.

Meski baru sekali finis diurutan pertama untuk kategori Asia, Andra pada klasemen tetap berada diposisi pertama disusul Li Chi Chong asal China dan Victor Yung dari Hongkong.

Sedangkan untuk kategori over all Andra juga berada dipuncak klasemen disusul Leopard Ringbom dari Finlandia diposisi kedua dan Li Chi Chong dari China diposisi ketiga.(*)
(ANTARA)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011