Denpasar (ANTARA News) - Kepolisian Republik Indonesia mentargetkan pembangunan sistem Regional Traffic Mangement Centre (RTMC) Ditlantas Polda di seluruh Indonesia selesai pada 2014.

"Pelaksanaan RTMC di setiap daerah akan dilakukan secara bertahap dengan targetnya selesai semua pada tahun 2014," ujar Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri Irjen Pol Djoko Susilo seusai membuka acara peluncuran RTMC Ditlantas Polda Bali di Denpasar, Kamis.

Irjen Pol Djoko mengatakan, saat ini baru ada tujuh RTMC di Indonesia, yakni di Polda Metro Jaya, Medan, Sulawesi Tengah, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

"Sekarang masih tujuh RTMC di daerah-daerah dan Bali yang baru di launching. Untuk daerah lain pasti ada tapi bertahap," katanya.

Dijelaskannya, RTMC dianggap mampu mendukung tugas kepolisian baik pelanggaran lalu lintas maupun tindak kejahatan di setiap sudut kota dan kabupaten.

"Tentunya RTMC sangat mendukung tugas kepolisian. Informasi Polda Bali kepada masyarakat, dan sebaliknya dari masyarakat kepada polisi. Bila ada pencurian sepeda motor misalnya, di RTMC minimal bisa melihat pelaku dari kamera CCTV yang terpasang di lokasi tersebut," jelasnya.

Lanjutnya, "Informasi dua arah antara kepolsian Lantas dan Masyarakat Bali ini seperti adanya website, sms, twitter, facebook milik Ditalantas Polda Bali. Dari situ masyarakat bisa mendapatkan informasi,".

Dengan peluncuran RTMC Ditlantas Polda Bali yang dihadiri oleh Dirlantas Polda se-Indonesia, Wakil Gubernur Bali, dan para Bupati tersebut, Irjen Pol Djoko Susilo berharap RTMC dapat bermanfaat bagi masyarakat Bali.

"Saya harapkan tentunya RTMC ini bermanfaat tidak hanya untuk kepentingan polisi namun juga untuk masyarakat Bali tentunya," harapnya.

Sementara itu, Kapolda Bali Irjen Pol Hadiatmoko mengatakan bahwa keberadaan RTMC merupakan salah satu sebuah bentuk antisipasi dari kecelakaan lalu lintas, kemacetan maupun kejahatan.

"Ya ini kan teknologi canggih, tapi paling tidak kita antisipasi kemacetan lalu lintas, meskipun toh nantinya macet juga. Jadi kembali pada masyarakatnya. Seperti parkir pada tempatnya, dan supaya tertib untuk antri, ini kan kadang-kadang main serobot," ujarnya.

Imbuh Irjen Hadiatmoko, "RTMC paling tidak, bisa membantu. Ada tidak kejahatan disitu. Contohnya di Gilimanuk dimana ada motor curian. Ini manfaatnya sangat besar,"

Regional Traffic Mangement Centre (RTMC) merupakan teknologi sistem informasi koordinasi baik secara internal maupun eksternal untuk memantau lalu lintas dan keamanan dengan menggunakan kamera CCTV yang terpasang di setiap sudut kota di suatu daerah.

Di Bali terdapat 56 CCTV yang telah terpasang secara menyebar di seluruh kota dan kabupaten. Kamera CCTV tersebut dapat dipantau dari ruang Regional Traffic Management Centre (RTCM) Ditlantas Polda Bali di Denpasar.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011