Laporan yang masuk ke Pemprov Jawa Barat ada empat orang pasien Omicron dirawat di RSUD Al Ihsan Kabupaten Bandung
Sumedang, Jabar (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengatakan saat ini ada empat orang warga provinsi itu terpapar COVID-19 varian Omicron dan sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al Ihsan, Baleendah Kabupaten Bandung.

"Laporan yang masuk ke Pemprov Jawa Barat ada empat orang pasien Omicron dirawat di RSUD Al Ihsan Kabupaten Bandung," katanya usai melakukan peninjauan Jalan Tol Cisumdsawu, di Kabupaten Sumedang, Senin.

Ia menjelaskan hingga saat ini belum didapatkan informasi pasti tentang asal usul atau penyebab terkait empat pasien Omicron yang dirawat di RSUD Al Ihsan tersebut.

"Belum ada laporan 'eta timana kumaha' (dari mana asalnya terus bagaimana proses penularannya). Tapi yang namanya Omicron semua bocornya dari bandara atau perbatasan. Nanti dilapori sumber pelaporannya," katanya.

Pemprov Jawa Barat, kata dia, dari awal juga selalu siaga jika varian Omicron masuk ke wilayah Jawa Barat.

"Kalau ada sudah masuk ke penyebaran lokal apapun itu, pengalaman selama varian Delta kita praktikkan. Per hari ini penularannya, masih terkendali karena jumlah laporan masih di bawah 50 an," demikian Ridwan Kamil.

Baca juga: Kemenkes: 414 orang terkonfirmasi terinfeksi Omicron

Baca juga: Ridwan Kamil: 20 warga Jabar terpapar Omicron usai dari luar negeri

Baca juga: Puskesmas Menteng laporkan warga terpapar Omicron setelah dari Liberia

Baca juga: Khofifah minta tidak panik menyusul terdeteksinya omicron di Jatim


Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022