Jakarta (ANTARA News) - Tunggal putra Indonesia Simon Santoso menantang unggulan kedua Lin Dan dari China pada perempat final Singapura Terbuka Super Series setelah keduanya membukukan kemenangan pada babak 16 besar, Kamis.

Simon mengalahkan pemain Jepang Sho Sasaki 21-11, 21-12 untuk membukukan tempat pada delapan besar bertemu juara Olimpiade Lin Dan yang menyisihkan pemain Denmark Jan O Jorgensen 21-17, 21-11.

Pertemuan di Singapura akan menjadi pertarungan kedelapan bagi Simon dan Lin Dan setelah tujuh pertemuan sebelumnya semua dimenangi pemain China tersebut.

Ganda putra Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan juga meraih tempat di perempat final setelah menundukkan pasangan Taiwan Chen Hung Ling/Lin Yu Lang 21-11, 21-19.

Selanjutnya mereka akan memperebutkan tempat di semifinal turnamen berhadiah 200.000 dolar AS itu dengan pasangan Jepang Noriyasu Hirata/Hirokatsu Hashimoto.

"Mereka pasangan yang bagus dan sedang percaya diri mainnya akhir-akhir ini," kata Alvent mengenai lawannya di perempat final itu.

Kemenangan juga diraih ganda putri Greysia polii/Meiliana Jauhari serta Vita Marissa/Nadya Melati.

Adapun pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan harus pulang lebih awal setelah langkah unggulan keenam itu dihentikan ganda Jepang Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa 17-21, 19-21.

Hendra mengaku kurang mampu mengontrol permainan karena kondisi angin di lapangan.

"Mainnya sudah normal, tetapi kami kurang bisa mengontrol permainan, mereka lebih bisa mengendalikan," kata Hendra yang baru pulih dari cedera lutut sejak Asian Games akhir tahun lalu.  (F005/I015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011