Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata akan menawari aktor Hollywood, Richard Gere, untuk menjadi duta pariwisata Indonesia.

Direktur Jenderal Pemasaran Kemenbudpar, Sapta Nirwandar, di Jakarta Jumat mengatakan, pihaknya belum menyampaikan rencana tersebut secara khusus kepada Richard Gere.

"Namun kami berencana untuk itu setelah memberikan kesempatan kepada Richard Gere untuk mengenal lebih dalam tentang Indonesia," kata Sapta kepada wartawan.

Ia menambahkan, pihaknya akan memberikan sambutan khusus kepada lawan main Julia Robert dalam film "Pretty Woman" itu dalam kunjungannya ke Indonesia pada 25 hingga 27 Juni 2011.

Rencananya, Gere bersama keluarganya akan mengunjungi Candi Borobudur dan beberapa candi di sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta salah satunya untuk menyaksikan pementasan Sendratari Mahakarya Borobudur (The Masterpiece of Borobudur Ballet).

Sapta berpendapat Gere merupakan salah satu aktor Hollywood yang memiliki kredibilitas sangat baik sehingga potensial untuk dijadikan duta pariwisata Indonesia.

Sebelumnya pihaknya telah mengangkat bos Microsoft, Bill Gate, dan marketer dunia, Phillip Kotler, sebagai duta pariwisata Indonesia.

"Semakin banyak public figur dunia yang menjadi duta pariwisata Indonesia akan semakin baik bagi promosi pariwisata kita," demikian Sapta Nirwandar.

(H016/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011