Surabaya (News) - Pebalap Australia Lewis Stewart merebut juara nomor "power to power" kejuaraan Powercross seri V di Lapangan Bharata, Ngagel, Surabaya, Sabtu malam.

Lewis menyingkirkan Matevt Irz dari Slovenia, Romain Berthome (Prancis), Arnon Theblib (Thailand), Arongkot Pinpon (Thailand), Yoshiki Inagaki (Jepang), Alexander Wiguna (NTB) dan Kim Askhenazi (Australia).

Dalam nomor ini hanya delapan pembalap yang memiliki waktu terbaik masuk lomba dan bertarung satu lawan satu dalam dua lap.

Dalam kelas grade A 125 cc, posisi pertama seri V direbut Alexander Wiguna dengan waktu 13:38; 039.

Para pembalap harus melahap 18 lap di sirkuit dengan panjang 600 meter ini. Posisi kedua ditempati Aris Setyo dari Jatim dengan waktu 13:47; 496 dan disusul kroser Farhan Hendro asal DKI dengan catatan waktu 13:49;418.

Lomba masih dilanjutkan kelas 85cc dan 125 cc.

Alexander usai lomba mengakui lomba di siang hari memang lebih nyaman untuk dirinya. "Untuk hasil total seluruh seri saya diperingkat dua," katanya. Panitia masih mencatat untuk hasil total seluruh seri.

Surabaya didaulat menjadi tuan rumah kejuaraan Surya 12 Motoriders Powercross Championship 2011 ini juga dirangkaikan dengan FIM Asia MX/SX putaran kedua.

Promotor acara, Dira Sulanjana mengatakan, Surabaya adalah kota terakhir yang disinggahi Powercross 2011. Sebelumnya, kejuaraan ini singgah di Mataram, Malang, Mojokerto dan Kediri.

Dira menambahkan, para peserta asing dari berbagai negara di Asia hadir diantaranya dari Jepang, Thailand, Filipina, dan Iran.
(T009/M026)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011