Manado (ANTARA News) - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen Infokom), Freddy Tulung, mengajak pemerintah daerah (Pemda) untuk berkomitmen penuh menyampaikan informasi yang benar dan tepat kepada masyarakat Indonesia.

"Pemerintah pusat terus berupaya menyampaikan semua informasi kebijakan yang dibuat kepada masyarakat, tapi masih sangat terbatas, karena itu kami memberi bantuan insfratruktur kepada daerah agar bisa mendukung apa yang kami lakukan," kata Tulung, dalam acara bimbingan teknis penguatan portal daerah oleh Kemkominfo, di Manado, Minggu.

Ia mengakui, memang belum semua pemerintah daerah memiliki komitmen mengenai hal tersebut, sehingga penyampaian informasi kepada publik tidak dilakukan maksimal.

Oleh karena itulah, ia meminta Dinas komunikasi dan Informatika di semua daerah memiliki komitmen ini, seperti di pusat yang sudah bekerja sama dengan lembaga penyiaran publik untuk menyampaikan berbagai kebijakan kewajiban layanan publik (Public Service Obligation/PSO).

Hal yang paling penting lagi, menurut dia, adalah konten yang disampaikan kepada masyarakat haruslah yang mengandung nilai edukasi dan menyejukkan, jangan hanya seperti media massa kebanyakan yang lebih banyak mengabaikan nilai budaya dan pendidikan dan hanya mengutamakan sensasi tanpa memikirkan efeknya kepada masyarakat.

Tulung juga menyesalkan kebanyakan fakta yang berdasarkan data, kalau masyarakat Indonesia yang menguasai teknologi informasi lebih banyak memasuki Google, yakni mesin pencari hanya untuk mencari kata porno atau seks, sehingga di sinilah peran pemerintah untuk menyampaikan informasi dengan konten yang baik dan bernilai budaya lewat media massa.

"Karena itu, kami memberikan bantuan penguatan kepada daerah yang punya komitmen menyampaikan informasi yang benar dan tepat kepada masyarakat untuk menguatkan media centre dalam bentuk peningkatan sumber daya manusia, peralatannya serta isi dari informasi," kata Tulung.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Manado, Ferry P. Soetanto, mengatakan bahwa di Manado sudah lama memiliki media centre, dan terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan berbagai sarana dan prasarana yang ada.

"Kami berharap dengan berbagai upaya yang sudah dilakukan termasuk memperbaiki komputer dan tenaga IT terlatih yang mendukung operasionalnya, sehingga penyampaian dan penyebaran informasi kepada masyarakat bisa tersampaikan dengan baik, dan semua warga kota bisa mengetahui dan memahami apa saja upaya dan kebijakan pemerintah pusat dan daerah ini," kata Soetanto.

Dia mengatakan, akan mengupayakan operasional media centre tersebut lebih baik dari sebelumnya dan bisa juga menjadi sumber informasi bagi masyarakat kota Manado bahkan bisa menjadi sumber berita untuk media massa di kota ini.
(T. S034/S019)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011