Magelang (ANTARA News) - Komedian Tukul Arwana menghibur ribuan peserta jalan sehat yang memadati Alun-Alun Kota Magelang, Jawa Tengah, Minggu.

Tingkah dan gaya komedian yang khas dan sering melontarkan kata-kata berbahasa Inggris itu membuat gelak tawa dan menjadikan hiburan tersendiri bagi masyarakat yang mengikuti "Jalan Sehat 10.000 langkah bersama Mustika Gold dan Talk Show bersama Tukul Arwana".

Penampilan Tukul di atas panggung dibuka dengan menyanyikan lagu "Bangun Tidur" karya mendiang Mbah Surip penonton mulai riuh dan tertawa saat melihat tingkah Tukul dalam melantumkan lagu tersebut, apalagi dibawakan dengan bahasa Inggris dan bahasa Jawa.

Setelah menyapa dengan melontarkan guyonan segarnya, host Bukan Empat Mata ini mengundang Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, Ketua DPRD Kota Magelang Hasan Suryoyudho, Kapolres Magelang Kota, AKBP Guritno Wibowo dan beberapa tokoh masyarakat seperti David Hermanjaya, Slamet Santosa untuk naik ke atas panggung.

Seperti tayangangan yang dibawakannya di salah satu stasiun televisi swasta, Tukul pun memulai dialog dengan bintang tamu pejabat dan tokoh masyarakat Kota Magelang.

"Magelang terkenal dengan kota yang aman, bagaimana cara mewujudkan hal tersebut," kata Tukul melontarkan pertanyaan yang dibaca dari sebuah laptop di depannya kepada Kapolres Magelang Kota.

Pertanyaan-pertanyaan yang cukup serius kepada para pejabat dan tokoh masyarakat Kota Magelang itu saat dibawakan Tukul menjadi dialog yang mengundang tawa apalagi Tukul menambah dengan kata-kata banyolannya.

Penyelanggara yang juga pemilik Mustika Gold Magelang, Slamet Santosa mengatakan, kegiatan ini untuk memperingati HUT ke-65 Bhayangkara dan Hari Lingkungan Hidup.

"Kegiatan ini mengajak masyarakat Magelang untuk menerapkan hidup sehat dengan berjalan kaki 10.000 langkah. Seperti anjuran WHO, berjalan minimal 10.000 langkah bisa menjadikan tubuh sehat," katanya.

Kapolres Magelang Kota, AKBP Guritno Wibowo, mengatakan, acara ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut HUT Bhayangkara. Pemilihan artis ibu kota, Tukul Arwana untuk menghibur masyarakat Magelang yang selama ini hanya melihatnya melalui layar televisi.

"Tukul adalah tokoh publik, kegiatan ini untuk memberikan hiburan bagi masyarakat," katanya.

Guritno mengatakan, peserta jalan sehat yang mencapai sekitar 23 ribu orang tersebut bukan hanya dari masyarakat Kota Magelang saja, namun juga beberapa daerah di sekitar antara lain Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Purworejo. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011