Loutraki, Yunani (ANTARA News)- Pereli dari Prancis Sebastien Ogier membuat Citroen memimpin urutan satu dua Minggu setelah memenangi putaran ketujuh kejuaraan dunia reli (WRC) Reli Acropolis, berada di depan rekan senegaranya juara dunia tujuh kali, Sebastien Loeb.

Ogier mengawali perlombaan hari terakhir dengan berada di belakang Loeb, namun ia mencuri tempat di urutan terdepan setelah melui lomba dramatis di tahapan akhir, Minggu.

Ogier berhasil mengalahkan rekannya itu dengan waktu 10,5 detik, dalam lomba keduanya di tempat itu, setelah berada di urutan kedua tahun lalu, sekaligus menoreh kemenangan ketiga musim ini.

"Saya amat gembira, ini kemenangan bagus," kata Ogier yang berusia 27 tahun, yang memenangi lima perlombaan reli sepanjang karirnya.

"Ini merupakan reli terpayah bagi saya, saya mengalami masalah pada awal lomba. Tetapi saya berhasil menemukan irama perlombaan," kata Ogier, yang juga mendapat tambahan tiga poin karena unggul di lintasan "power stage".

Loeb naik podium untuk yang ke-100 kalinya dalam karirnya, termasuk 65 kemenangan, sekaligus membuat tim saingannya, Ford, harus memikirkan strategi untuk mengejar mereka.

Pereli mereka yang menempati urutan terbaik adalah Mikrko Hirvonen, juara tahun lalu yang sebelum berlomba terpaut 13 poin di bawah Loeb dan di Yunani berada di urutan ketiga sedangkan juara dunia 2003 dari Norwegia Petter Solberg berada di urutan keempat di atas Citroen.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011