Washington (ANTARA News/AFP) - Gol babak kedua yang diciptakan Jermaine Jones dan Clint Dempsey memenangkan Amerika Serikat 2-0 atas Jamaica, Minggu, sehingga mendapat tempat di semi final Piala Emas CONCACAF.

Jones menggebrak pada menit ke-49 dan Dempsey menambah gol Amerika pada menit ke-80 sehingga Amerika akan berhadapan dengan Panama atau El Salvador, yang masih akan bertanding untuk menentukan tempat di semi final turnamen Amerika Tengah, Utara dan Karibia itu.

Pemain tengah dari Jerman, Jones, tampil kesembilan kalinya dalam tim AS, melakukan tembakan mendatar dari luar kotak penalti dan bola mental ke kaki pemain bertahan Jamaika, Jermaine Taylor, dan bola menjalar ke dalam gawang yang dijaga Donovan Ricketts.

Amerika Serikat memanfaatkan kesalahan Taylor yang dikeluarkan dari lapangan pada menit ke-67 karena bergerak kasar kepada Jones.

Amerika mendapatkan gol kedua Dempsey dengan cara amat sederhana. Umpan datar dari Juan Agudelo disambut Dempsey yang berdiri sendiri di sisi kanan. Ricketts menghampirinya dan Demsey mengelabuinya dengan mudah dan bola dengan gampang masuk ke dalam gawang.

Agudelo pada menit ke-12 masuk menggantikan Jozy Altidore, yang meninggalkan lapangan karena cedera di bagian kaki kirinya.

Jamaika maju ke perempat final sebagai juara Grup B setelah menang atas Grenada dan Guatemala serta Honduras.

Tetapi mereka belum pernah mengalahkan Amerika dan belum pernahy maju dari babak perempat final Piala Emas.

Laga semi final akan diadakan Rabu di Houston, dimana Meksiko akan bertemu dengan Honduras.

Juara bertahan Meksiko maju ke putaran selanjutnya setelah Sabtu menang 2-1 atas Guatamela sedangkan Honduras mengalahkan Costa Rica 4-2 lewat adu penalti setelah kedudukan terpaut 1-1 pada perpanjangan waktu di Stadion New Meadowlands.

Juara Piala Emas akan mendapatkan tempat dalam Piala Konfederasi FIFA 2013.

(Uu.SYS/B/A008/B/S004) (*)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011