AsiaNet 45098
     
TOKYO, 20 Juni (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) --
    
- IC Codec Audio Baru akan Dikirimkan pada bulan Oktober untuk Memperluas Pasar Smartphone -
    
     Yamaha Corporation (Kantor Pusat di 10-1, Nakazawa-cho, Naka-ku, Hamamatsu-shi, Shizuoka, Jepang; Presiden: Mitsuru Umemura ) mengumumkan pada tanggal 20 Juni akan memulai produksi massal dan pengiriman IC CODEC Pusat Audio dan Suara (1) barunya untuk Smartphone dan Tablet PC pada bulan Oktober 2011.

     IC CODEC Pusat Audio dan Suara Yamaha
     YMU828: Oktober 2011 (Awal produksi massal dan pengiriman)
     YMU829: Agustus 2011 (Awal produksi massal dan pengiriman)
     Target penjualan di tahun 2012: 10 juta buah
     
     (1) IC CODEC adalah alat yang mengirimkan data audio dan suara, serta mengubah keduanya menjadi sinyal digital maupun analog.

     Latar Belakang
     Yamaha mulai mengirim IC CODEC Audio untuk Telepon Selular pada tahun 2005. Permintaan akan CODEC sebagai pusat pemrosesan sinyal analog dan digital telah meningkat dengan kian banyaknya tipe sinyal audio dan suara yang cocok dengan smartphone. Terdapat peningkatan permintaan akan alat penekan kebisingan (Noise Suppressor) yang dapat mengurangi kebisingan saat berbicara di telepon, juga alat penghilang gema (Echo Canceller) yang memungkinkan telepon bebas genggam. Selain itu juga ada pertumbuhan pasar IC CODEC Audio dengan semua fungsi yang telah terpasang.

     Ikhtisar
     YMU828 baru ini adalah IC CODEC Pusat Audio dan Suara untuk Smartphone dan Tablet PC yang menggabungkan fungsi pusat pemrosesan berbagai jenis sinyal audio serta Noise Suppression Mikrofon Tunggal atau Ganda dan Echo Cancellation ke dalam satu chip. Noise Suppressor dan Echo Canceller untuk Mikrofon Tunggal atau Ganda masing-masing dapat menghilangkan suara yang tetap maupun yang berubah-ubah, meningkatkan kualitas audio baik suara yang keluar atau masuk, dan meningkatkan kualitas dengan DSP AudioEngine (TM) yang sudah terpasang (2). Noise Suppressor Mikrofon Ganda yang terpasang adalah perangkat pertama dalam industri untuk IC CODEC Audio.
Echo Canceller dan Noise Suppressor yang telah dioptimalkan dapat memungkinkan pengoperasian telepon bebas genggam berkinerja tinggi, meskipun dengan speaker mikro yang digunakan di hampir setiap ponsel. Noise Suppressor dapat digunakan untuk suara yang keluar dan masuk dan, dengan penggunaan ganda fungsi Speech Speed Control dan peningkatan kualitas audio berkat teknologi AudioEngine (TM), audio yang bersih dan mudah dipahami kini menjadi kenyataan bagi para pembicara dan pendengar. Pemrosesan teknologi DSP AudioEngine (TM) menciptakan sumber audio berkualitas tinggi untuk perbaikan kualitas dan kinerja audio di dalam equalizer digital, Harmonic Enhancer dan alat pengontrol kisaran dinamis, yang memungkinkan keluaran audio tingkat tinggi meskipun dengan speaker dan headphone yang kecil. Ini juga membuat perangkat yang cocok dengan Dolby Mobile 2 (3).
CODEC ini mencakup semua sirkuit yang penting seperti DAC stereo, ADC 3-saluran (stereo + mono), amplifier headphone stereo cap-less Class G, amplifier penerima, 3 input/output audio digital independen, 3 input mikrofon, input mikrofon digital, input/output analog, mixer, pengontrol volume, dan konstruksi yang lebih mudah digunakan. Dalam mode hemat listrik, CODEC ini dapat meminimalkan penggunaan baterai dengan menyimpan daya listrik secara block-by-block, sehingga membuatnya pilihan yang optimal dalam hal masukan dan keluaran untuk berbagai sumber suara dan sinyal audio untuk smartphone dan perangkat ponsel yang meliputi suara, musik, TV dan radio analog/digital.

     IC CODEC Pusat Audio dan Suara YMU828 dan YMU829 untuk Smartphone dan Tablet PC akan dipasarkan secara bersamaan, YMU829 dibuat dengan kemasan yang lebih kecil dan fungsi terbatas dari YMU828.

     Contoh dari kedua model ini kini telah tersedia. Sementara perusahaan ini membuat kedua model untuk para pelanggan, produksi massal dan pengiriman sedang direncanakan untuk YMU828 pada bulan Oktober dan YMU829 pada bulan Agustus 2011.

     (2) AudioEngine (TM) adalah merek dagang YAMAHA Corporation dan teknologi pemrosesan sinyal DSP untuk peningkatan audio dan fungsi perangkat ponsel dan peralatan digital di rumah.
     (3) Dolby Mobile 2 adalah merek dagang terdaftar Dolby Laboratories.

     Untuk rincian spesifikasi YMU828, kunjungi situs web ini
     http://www.yamaha.co.jp/english/product/lsi/codec/

     Sumber: Yamaha Corporation

     Kontak:

     Permintaan Media:
     Masahiko Maruhashi
     Public Relations Group
     Corporate Communications Division
     Yamaha Corporation
     Tel: +81-3-5488-6601
     e-mail: pr-contacts@gmx.yamaha.com
     2-17-11, Takanawa, Minato-ku, Tokyo, JAPAN 108-8568

     Permintaan Umum:
     Kenny Aoki
     Semiconductor Division
     Yamaha Corporation
     Tel: +81-539-62-4918
     e-mail: semiconductor@gmx.yamaha.com
     203, Matsunokijima, Iwata-shi, Shizuoka, JAPAN 438-0192

     Kunjungi situs web Yamaha
     http://www.yamaha.com/

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011