... jumlah yang begitu besar seperti itu jarang terlihat dan mungkin merupakan hasil restorasi ekologis dan kebijakan perlindungan margasatwa yang dilakukan beberapa tahun terakhir
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah kawanan besar Procapra gutturosa, sebuah spesies rusa, terlihat di Daerah Otonom Mongolia Dalam, China utara, yang menunjukkan perbaikan lingkungan setempat.

Jumlah rusa, yang termasuk ke dalam perlindungan nasional kelas kedua di China, dalam kawanan tersebut diperkirakan mencapai sekitar 10.000 ekor di sebuah padang rumput di wilayah Xilingol, menurut polisi hutan setempat, seperti dilansir Xinhua, Selasa (12/1). 

Petugas polisi hutan mengatakan jumlah yang begitu besar seperti itu jarang terlihat dan mungkin merupakan hasil restorasi ekologis dan kebijakan perlindungan margasatwa yang dilakukan beberapa tahun terakhir.

Populasi Procapra gutturosaliar di kawasan tersebut pernah merosot akibat pemburukan lingkungan dan perburuan, namun peningkatan patroli dan tindakan tegas yang diambil terhadap aktivitas ilegal telah melindungi margasatwa setempat.

Selain rusa, petugas polisi yang berpatroli juga menemukan banyak hewan langka lainnya, termasuk Equus hemionus yang terancam punah, di padang rumput tersebut.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022