Karimun, Kepri (ANTARA News) - Sebanyak 137 calon haji asal Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau mulai mengurus paspor untuk keberangkatan ke tanah suci pada musim haji 2011, kata Kepala Kantor Kementerian Agama Karimun, Erman Zaruddin.

Para calon haji (calhaj), mulai pekan ini, bergiliran mendatangi Kantor Imigrasi Tanjung Balai Karimun untuk pemotretan dan pengambilan sidik jari, katanya di Tanjung Balai Karimun, Jumat.

Erman Zaruddin mengatakan, pihak imigrasi telah mengatur jadwal khusus untuk pemotretan dan pengambilan sidik jari para calhaj yang berjumlah 137 orang.

"Kementerian Agama telah menerbitkan surat keterangan tambahan bagi calhaj yang persyaratan pembuatan paspornya tidak lengkap, seperti akte kelahiran atau ijazah," katanya.

Dia optimistis paspor seluruh calhaj selesai sebelum bulan puasa.

Lebih lanjut dia mengatakan, para calhaj juga akan mendapatkan suntikan vaksin meningitis pada 4-5 Juli 2011.

"Pemberian vaksin meningitis akan dipusatkan di RSUD Karimun," ujarnya.

Tahun ini, jumlah calhaj Karimun menurun dibandingkan tahun 2010 yang jumlahnya 148 orang.

Seluruh calhaj juga telah mendapatkan beberapa kali pelatihan manasik haji, di antaranya satu kali di tingkat kecamatan dan empat kali tingkat kabupaten.

Gladi posko ibadah haji dilakukan dengan memetakan lokasi pelaksanaan ibadah haji, mulai dari lokasi tawaf, wukuf, sa`i dan rangkaian ibadah haji lainnya.

"Tujuan gladi posko ibadah haji ini agar setiap calhaj menguasai seluruh rangkaian dan urutan pelaksanaan syarat, rukun dan wajib haji," katanya menjelaskan.  (ANT-028/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011