Bandung (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono membuka Silaturahmi Nasional (Silatnas) II-2011 Raja dan Sultan se-Nusantara di Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) dan Gedung Merdeka Bandung, Sabtu.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, silatnas kedua ini resmi dibuka," kata Wapres yang akhirnya menandai pembukaan dengan pemukulan kendang.

Wapres yang datang dari Jakarta dengan menggunakan pesawat terbang dari Halim Perdanakusumah pada pukul 08.55 WIB itu mendarat di Bandara Husein Sastranegara Bandung sekitar pukul 09.30 WIB.

Dalam acara itu, Wapres didampingi oleh Menteri Agama Suryadharma Ali dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik.

Wapres disambut oleh ketua panitia Silatnas II, Gubernur Jawa Barat dan pejabat setempat.

Sebelum membuka Silatnas, Wapres sempat melepas jalan sehat juang yang diselenggarakan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Silang Monas, Jakarta.

Sementara itu, Silatnas II yang diselenggarakan selama dua hari pada 25-26 Juni 2011 itu dikuti oleh sekitar 200 raja dan sultan dari berbagai penjuru Nusantara dan luar negeri.

Sekjen Silatnas Raja dan Sultan Se-Nusantara II, Raja Samu-samu VI, mengatakan dalam perhelatan ini dihadiri 80 putra mahkota dan permaisuri, sultan-sultan dari luar negeri seperti Sultan Suluh serta bangsawan dari Belanda yang hadir sebagai peninjau

Silatnas II di Bandung ini akan diisi dengan napak tilas dari Hotel Savoy Homan Bandung menuju Gedung Merdeka, pameran benda pusaka di Museum KAA yang bekerja sama dengan Museum Sri Baduga Bandung.

Selain itu, Pasar Rakyat Nusantara yang akan digelar di Jalan Braga dengan menampilkan stan produk berbagai daerah, kuliner, panggung pergelaran kesenian Nusantara dan pentas seni tradisional.(*)

(T.M041/E011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011