Saya minta dipisahkan soal TKI dan haji. Jadi, jangan sampai kita membawa persoalan ke suatu tempat terus kita tarik ke tempat lain.
Bandung (ANTARA News) - Kementerian Agama menjamin bahwa adanya moratorium atau penghentian sementara pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Arab Saudi tidak akan mengganggu urusan pelaksanaan pemberangkatan calon jamaah haji dari Indonesia.

"Pasca moratorium itu ya ... TKI memang ada persoalan tetapi haji alhamdulillah tidak," kata Menteri Agama Suryadharma Ali, di Gedung Sate, Bandung, Senin.

Menteri Agama meminta agar urusan haji dan persoalan moratorium TKI ke Arab Saudi dipisahkan.

"Saya minta dipisahkan soal TKI dan haji. Jadi, jangan sampai kita membawa persoalan ke suatu tempat terus kita tarik ke tempat lain," kata Suryadharma Ali.

Pihaknya menegaskan, hingga saat ini hubungan antara pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi untuk urusan ibadah haji sangat baik.

"Sangat baik untuk urusan haji, bisa dilihat dari pembuatan visa. 235 ribu jamaah haji tahun lalu, visanya selesai dalam satu bulan," katanya.

Bahkan, masih kata Suryadharma Ali, untuk tahun ini ada peningkatan kualitas pelayanan haji yang diberikan kepada pemerintah Indonesia.

"Tahun 2009, untuk di Mekah di lingkar 1 yang jaraknya 2 kilometer dari Masjidil Haram baru 27 persen. Pada tahun 2010 sudah 63 persen. Sedangkan di lingkar 2 yang 2 km sampai 7,5 km, diperdekat menjadi 4 km," ujarnya.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011