Jakarta (ANTARA News) - Barang-barang pribadi pemain klub sepak bola dunia Manchester United Rio Ferdinand dilelang untuk amal yang akan diberikan langsung pada anak-anak penderita HIV di Indonesia.

Beberapa barang pribadi yang dilelang di Jakarta, Rabu, diantaranya sepatu dan jersey yang selama ini dipakai dalam beberapa pertandingan serta lukisan dengan berbagai pose.

Saat dibuka proses lelang, beberapa suporter fanatik juara Liga Utama Inggris 2011 langsung menawar dengan angka yang lumayan tinggi. Ada dua mekanisme lelang, yaitu lelang langsung dan melalui televisi.

Untuk lelang melalui televisi, satu jersey bek kiri Manchserter Unitedi dihargai Rp35 juta dan lukisan dihargai Rp60 juta. Sedangkan untuk lelang langsung, jersey dihargai Rp10 juta dan dimenangkan Ibu Nonie asal Jakarta dan lukisan laku Rp50 juta.

Dana yang terkumpul dalam proses lelang, baik secara langsung maupun yang melalui televisi akan disalurkan kepada anak-anak penderita HIV di Indonesia melalui Syair.org.

Rio Ferdinand selama di Indonesia selain melakukan lelang amal juga menyapa langsung penggemarnya. Bahkan pengembarnya juga diberi kesempatan langsung bertanya kepada bek kiri andalan Sir Alex Ferguson itu.

Pemain belakang yang mengaku sangat kompak dengan Nemanja Vidic itu meski baru datang pertama kali ke Indonesia mengaku cukup senang dengan apresiasi yang diberikan.

"Kehadiran Rio Ferdinand selain untuk meluncurkan sekolah olahraga juga menjalankan misi sosial melalui lelang memorabilia. Semoga kegiatan ini memberikan dampak besar bagi anak-anak Indonesia termasuk yang terdampak HIV dan AIDS," kata pendiri Syair.org, Yudhi F Oktaviadhi.

Sementara itu pihak yang mendatangkan langsung salah satu pemain The Red Devils yaitu operator seluler Tri mengaku kerja sama dengan Manchester United telah terjadi sejak 2009. Ini adalah salah satu partisipasi dalam mengembangkan sepakbola Indonesia dan kegiatan amal.

"Kami mengajak anak-anak Indonesia untuk mendapatkan pengalaman baru dan menginspirasi mereka untuk menjadi yang terbaik dalam meningkatkan persepakbolaan Indonesia," kata Chief Commercial Officer Tri, Bhuwan Kulsresta.(*)

(T.B016/M026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011