Jakarta (ANTARA News) - Salah satu perusahaan penyedia layanan komunikasi di Indonesia, Tri, bekerja sama dengan klub Liga Utama Inggris, Manchester United, mendirikan Manchester United Soccer School (MUSS) di Indonesia.

Peresmian sekolah sepak bola yang diharapkan mampu mencetak pemain sepak bola handal itu dilakukan oleh salah satu bintang klub yang berjuluk The Red Devils, Rio Ferdinand bersama jajaran petinggi Tri di Jakarta, Rabu (29/6).

"Manchester United Soccer School merupakan kegiatan yang akan membantu anak-anak Indonesia. Kami (Tri) akan memberikan kesempatan emas bagi anak usai 14-15 yahin untuk belajar sepak bola ala Manchester United di Old Trafford," kata Manager Marketing Communication Tri, Andi Djoewarso.

Menurut dia, pembentukan MUSS merupakan kelanjutan kerjasama yang telah dibangun antara Tri dengan klub yang dimanageri oleh Sir Alex Ferguson itu. Dengan dibentuknya MUSS juga diharapkan mampu memberikan pengalaman baru bagi anak-anak Indonesia.

Selama ini, kata dia, MUSS telah tersebar diseluruh dunia. Ada sedikitnya 28 ribu sudah anak-anak terlibat didalamnya. Dengan terbentuknya MUSS di Indonesia maka anak-anak Indonesia mendapatkan kesempatan yang sama dengan anak-anak diseluruh dunia yang lain.

"Kegiatan ini juga sebagai ajanng untuk memotivasi anak-anak Indonesia untuk bermain sepak bola dengan baik dan menjadi pesepakbola masa depan," katanya menambahkan.

Andi menjelaskan, MUSS akan segera direalisasikan. Sesuai dengan rencana MUSS akan digelar antara September hingga Oktober. Semua sekolah sepak bola seluruh Indonesia memiliki kesempatan yang sama dalam mengikuti seleksi.

"32 anak akan diberi kesempatan untuk mendapatkan pelatihan sesuai dengan standar Manchester United di MUSS," katanya menambahkan.

Sementara itu pemain bek kiri Manchester United, Rio Ferdinand menyambut baik peresmian MUSS di Indonesia. Dengan dibentuknya MUSS diharapkan mampu menumbuhkan semangat serta motivasi anak-anak Indonesia menjadi pemain sepak bola yang hebat.

"MUSS telah mampu mencetak pemain handal mulai dari Bryan Robson hingga Ryan Giggs. Sekolah ini tidak hanya akan memberikan teknik, tetapi juga membangun mentalitas pemain. Saya yakin Indonesia mempunyai potensi besar. Mereka hanya buruh dasar sepak bola yang benar," katanya usai meresmikan MUSS.

Rio Ferdinand selain meresmikan MUSS juga melakukan lelang beberapa barang pribadinya untuk kegiatan amal. Seluruh hasil lelang jersey, sepatu hingga lukisan langsung didonasikan pada Syair.org yang selanjutnya disalurkan pada anak-anak penderi HIV dan AIDS di Indonesia.
(*)


Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011