Intinya, para pengusaha Jerman ini telah bersedia untuk berinvestasi di Sulut, bahkan pada akhir 2011 ini mereka memutuskan untuk mengunjungi Sulut dan melihat secara langsung hal-hal yang layak untuk dikembangkan lebih lanjut.
Manado (ANTARA News) - Sejumlah pengusaha dari Berlin, Jerman, bakal berinvestasi di Sulawesi Utara (Sulut), seiring dengan besarnya potensi dan sumber daya alam yang bisa diangkat.

"Gubernur Sulut Sinyo H Sarundajang  sudah menanda tangani kesepakatan dengan beberapa investor di Berlin, dalam kunjungan kerjanya belum lama ini," kata Kabag Humas Pemprov Sulut, Christian Sumampow, di Manado, Kamis.

Pada 28 Juni 2011 lalu, Sarundajang beserta lima pengusaha Jerman mengadakan pertemuan di Gedung Pricewaterhouse Coopers AG, Berlin.

Dalam pertemuan tersebut berhasil ditandatangani perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dalam bidang  energi terbarukan, pariwisata, dan perdagangan.

Pertemuan yang difasilitasi oleh KBRI Berlin ini, merupakan tindak lanjut dari kunjungan Duta Besar RI untuk Jerman DR Eddy Pratomo dan staf KBRI di Sulut beberapa bulan lalu, di mana dalam pertemuan tersebut Gubernur diundang secara resmi oleh Duta Besar untuk mengadakan pertemuan dengan para pengusaha di Berlin.

Melalui presentasi potensi perdagangan dan kerjasama investasi di Sulawesi Utara, Sarundajang berhasil meyakinkan Norbert Oefner, Christof Fleischmann, Dr Kristen Verbakel, Volker M. Dornblut, dan Josef Tarnadi tentang bagusnya peluang investasi di Sulut khususnya di sektor energi.

"Intinya, para pengusaha Jerman ini telah bersedia untuk berinvestasi di Sulut, bahkan pada akhir 2011 ini mereka memutuskan untuk mengunjungi Sulut dan melihat secara langsung hal-hal yang layak untuk dikembangkan lebih lanjut," katanya.

Kunjungan Gubernur Sulut ke Berlin, didampingi Staf Khusus Gubernur Bidang Investasi Jackson Kumaat, Sekretaris Bidang Ekonomi KBRI Berlin Ani Nigeriawati, dan Penjabat Atase Perdagangan KBRI Berlin Rachy Rachmat.

Lanjut Sumampow, pada prinsipnya pertemuan kerja kali ini terbilang berhasil, hal ini ditandai dengan telah ditandatanganinya perjanjian kerjasama antara Gubernur Sulut dengan kelima Pengusaha Berlin tersebut.

Bahkan Gubernur mendengar presentasi singkat dari para Pengusaha Berlin, di mana dalam presentasi tersebut mereka menguraikan pengalaman bisnis teknologi untuk pengembangan sumber energi terbarukan - meliputi biomassa, biogas, bio-etanol - yang telah berhasil mereka kembangkan di negara-negara Asia lainnya.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011