selain ingin menikmati pemandangan di kedua pulau tersebut, juga memancing
Anyer (ANTARA News) - Pulau Shanghyang dan Panjang di Kabupaten Serang, Provinsi Banten, semakin populer sebagai tempat alternatif pilihan masyarakat berlibur.

"Kalau musim libur panjang memang pesanan mengantar wisatawan ke Pulau Shanghyang cukup ramai," kata penyewa kapal setempat, Anas, di Banten, Minggu.

Dia menjelaskan, tarif sewa kapal ke Pulau Shanghyang dan Pulau Panjang sebanyak Rp3 juta. "Harga sewa kapal itu sudah termasuk makan siang untuk tujuh sampai delapan orang," katanya.

Biasanya kata Anas, wisatawan yang minta diantar ke Pulau Shanghyang dan Panjang selain ingin menikmati pemandangan di kedua pulau tersebut, juga memancing.

Bukan hanya memancing saja, tujuan wisatawan yang datang ke Pulau Shanghyang, namun sejumlah wisatawan berkeinginan melihat buaya air laut.

"Di Pulau Shanghyang terdapat Laguna yang berada di tengah pulau dan memecah pulau, di situ dijadikan buaya air asin menjadi tempat tinggal dan berkembang biak," katanya.

Pulau Shanghyang yang berada di Desa Cikoneng Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang ini bisa dijadikan primadona wisata petualang. "Saya ingin sekali Pemerintah Kabupaten Serang mengembangkan wisata di Pulau Shanghyang," katanya.

Sementara itu Pulau Panjang yang berada di Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang dimanfaatkan wisatawan hanya untuk memancing. "Kalau di Pulau Panjang wisatawan hanya transit sebentar setelah memancing dipinggir pulau dan membakar ikan hasil tangkapannya," katanya.

Untuk menyewa kapal boat yang bisa mengantar wisatawan ke Pulau Shanghyang dan Panjang, wisatawan bisa mendatangi pos penyewaan di tempat pelelangan ikan Paku, Anyer.

Bisa juga dari Pantai Tanjung Tum, Anyer, jarak tempuk dari Anyer ke Pulau Shanghyang berkisar 25 menit, sedangkan dari Pulau Shanghyang ke Pulau Panjang hanya 45 menit.
(ANT)


Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011