Jika pada hari biasa kursi penumpang yang tersedia hanya terisi sekitar 70 persen namun pada saat liburan menjadi 100 persen.
Denpasar (ANTARA News) - Pihak Merpati Nusantara Airlines mengatakan, memasuki musim liburan jumlah penumpang maskapai penerbangan itu dari Denpasar menuju daerah wisata di Mataram, Nusa Tenggara Barat, meningkat sekitar 30 persen.

"Para penumpang itu didominasi wisatawan domestik dan asing yang berkunjung ke Bali kemudian melanjutkan pelesirannya ke wilayah tersebut," kata District Manager Merpati Nusantara Airlines Denpasar, Sugiharto, di Denpasar, Senin.

Dia mengatakan, banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang menggunakan jasa maskapai penerbangan Merpati menuju tempat wisata yang ada di Mataram.

Sehingga jika pada hari biasa, tambah dia, kursi penumpang yang tersedia hanya terisi sekitar 70 persen namun pada saat liburan menjadi 100 persen.

Meningkatnya penumpang ke wilayah Mataram, tambah dia, karena seusai dengan tren perkembangan wisata yang terjadi saat ini di Pulau Dewata.

"Selain Mataram, daerah lain di rute penerbangan timur juga mengalami peningkatan seperti Labuan Bajo, Kupang dan Dili," ujarnya.

Menurut Sugiharto, selain rute timur, dari Denpasar menggunakan rute penerbangan barat juga mengalami peningkatan yang sama, seperti ke Bandung, Surabaya dan Jakarta.

Dia menjelaskan, meski terjadi peningkatan penumpang tetapi tidak penambangan penerbangan atau "extra fligth".

"Armada yang digunakan mengangkut penumpang ke wilayah Indonesia timur itu adalah jenis MA60. Dan sampai saat ini tidak ada kendala yang berarti," katanya.

Sugiharto mengatakan, meski permintaan cukup tinggi namun pihak menetapkan harga sesuai dengan ketentuan pemerintah.

"Kami tidak menetapkan harga secara gegabah tapi sesuai dengan ketentuan batas atas harga dari Departemen Perhubungan," ucapnya.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011