kalau menjelang hari raya, jumlah transaksi bisa dua kali lipatnya, atau 400 kali transaksi per hari...
Cianjur (ANTARA News) - Jangan anggap remeh jumlah kiriman uang para TKI ke kampung halamannya, karena para TKI di luar negeri asal Cianjur mampu mengirim sampai Rp200 miliar.

"Kiriman uang melalui Kantor Pos Indonesia Cianjur itu meningkat cukup tajam," kata Manajer Pemasaran Kantor Pos Cianjur, Apep Faturahman, di Cianjur, Senin.

Dia menjelaskan, meningkatnya jumlah pengiriman uang dari TKI tersebut, sudah terjadi sejak lima bulan terakhir. Peningkatan itu merupakan tradisi tahunan, terutama menjelang masuk sekolah dan bulan puasa.

"Sejak Januari sampai Mei, kiriman dari TKI Rp 200 miliar dari 73.000 kali transaksi. Ini lumrah, menjelang akhir masa sekolah dan kami telah mempersiapkan diri menghadapi lonjakan pengiriman itu, katanya.

Jumlah tersebut, kata dia, dipastikan akan meningkat dalam sebulan ke depan. "Terlebih kalau menjelang hari raya, jumlah transaksi bisa dua kali lipatnya, atau 400 kali transaksi per hari," ujarnya.

Sedangkan untuk memberikan pelayanan yang paripurna, serta mengantisifasi lonjakan transaksi, pihaknya memudahkan pihak keluarga TKI yang menerima kiriman, untuk melakukan transaksi di sejumlah kantor pos di kecamatan terdekat.

"Sehingga pihak penerima kiriman, tidak perlu jauh-jauh ke kantor cabang pusat di Cianjur kota. Mereka dapat melakukan transaksi di kantor cabang yang tersebar di seluruh wilayah Cianjur," katanya.
(ANT.KR-FKR)





Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011