Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono mengatakan Wakil Presiden Pertama Indonesia Moehammad Hatta merupakan teladan yang pantas ditiru bagi para pelajar yang ingin menjadi pemimpin.

"Bung Hatta adalah proklamator, pendiri bangsa, pejuang bangsa, dan kita tahu beliau ini adalah orang yang bisa ditiru dari berbagai segi," kata Wapres di hadapan Forum Pelajar Indonesia di  Jakarta, Selasa.

Wapres kemudian membagikan cinderamata berupa buku otobiografi Bung Hatta kepada para pelajar dari 25 provinsi tersebut.

Menurut Wapres, kepemimpinan dapat dipelajari dengan membaca riwayat hidup para pemimpin baik nasional maupun dunia. Dengan membaca diharapkan akan menginspirasi dan mempraktekan pesan moralnya.

"Baca riwayat hidup mereka, itu akan jadi inspirasi. Kepemimpinan tidak bisa dihafalkan tapi didapat dari inspirasi dan dipraktekkan," katanya.

Wapres berpesan kepada para pelajar agar mengembangkan dirinya tidak hanya dalam bidang akademis.

"Jadi keterampilan akademis, wajib dikuasai dengan standar nasional, tapi lebih dari itu, adik-adik harus siapkan diri menjadi pemimpin. Pemimpin itu tidak hanya cukup bagus di bidang akademis. Pemimpin itu harus menyiapkan karakternya,," kata Wapres.

Ia menambahkan pemerintah juga terus berupaya mendorong pembangunan karakter kepada generasi muda. Pembangunan karakter diharapkan akan menyiapkan generasi muda untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan selanjutnya. Menurut dia, masa mendatang harus lebih baik dari saat ini.

Sementara itu, dalam pertemuan tersebut, juga tampak Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng dan Menteri Koordinasi Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011