Santa Fe (ANTARA News) - Pemain sepak bola Ekuador Antonio Valencia mengalami cedera pergelangan kaki yang pernah dioperasi tahun lalu, sehingga dipastikan absen pada pertandingan kedua Grup B Copa America melawan Venezuela, Sabtu, demikian diumumkan dokter tim, Selasa.

Pemain sayap Manchester United itu masih beruntung karena cedera yang menderanya ketika timnya bermain imbang 0-0 lawan Paraguay di Stadion Colon di Santa Fe, Minggu, tidak serius, kata Tony Ocampo kepada Reuters.

"(Lawannya) menginjak kakinya dan nyaris kembali mematahkan tulangnya," kata Ocampo, sembari menjelaskan cedera pada kaki kiri Valencia sama dengan yang dideritanya September lalu ketika bermain dalam kompetisi Liga Champions.

"Kakinya lembam tepat di tempat ada plat titanium. Ia tidak dapat bertumpu pada berat badan di kakinya. Tapi rasa sakit sudah berkurang 40 persen sejak Minggu. Ia tidak akan bertanding Sabtu tapi ia akan hadir menonton pertandingan," katanya.

Ekuador menghadapi Brazil di Cordoba pada 13 Juli pada laga terakhir penyisihan grup. Pertandingan pembuka Grup B Senin antara Brazil Venezuela dan Paraguay serta Ekuador berakhir tanpa gol.

Pemain tengah Paraguay, Edgar Barreto, juga mengalami cedera pada pertandingan Minggu di Santa Fe dan akan absen pada laga melawan Brazil di Cordoba, Sabtu, kata pelatih Gerardo Martino.

"Kami kira selama istirahat seminggu ia akan mampu turun lapangan lagi, tetapi cedera itu kelihatan akan mengkhawatirkan," kata Martino dalam temu pers, kemudian menambahkan, Victor Caceres dapat menggantikan Barreto dalam pertandingan itu.

Barreto mengalami cedera pada kaki kirinya, di tempat sama ketika ia cedera dan dioperasi sebelum babak final Piala Dunia tahun lalu.

Caceres sedang memulihkan cedera yang dialaminya pada pertandingan persahabatan dan pemanasan melawan Chile di Asuncion 11 hari lalu tapi sembuh menjelang turnamen.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011