Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah poster yang mengumumkan kegiatan Haikal Hassan di Markas Yonif Para Raider 502/UY Malang beredar di media sosial.

Kegiatan yang juga menyertakan logo Yonif Linud 502 Jabung-Malang itu disebut digelar pada 21 Januari 2022 di Masjid Fi Sabilillah.

“Ada Babe Haikal di Malang. Yonif Linud 502,” demikian isi poster yang juga menampilkan Haikal Hassan itu.

Berikut narasi pada unggahan dengan 800 lebih disukai dan 200 lebih retweet:
“SELAMAT MALAM
MOHON KLARIFIKASI
Apakah benar pencantuman nama YONIF LINUD 502 Jabung-Malang dlm selebaran tsb ada keterkaitan dng Acara Haikal Hassan. Mengingat dlm Acara tsb ada penolakan dr Warga Malang, terimakasih.”

Namun, benarkah isi poster yang mencatut nama salah satu batalyon tempur di Kodam V/Brawijaya itu?
 
Unggahan hoaks yang menyebut Haikal Hassan menggelar kegiatan di Markas Yonif Para Raider 502/UY di Malang. (Twitter)


Penjelasan:
Mengacu laporan ANTARA (https://www.antaranews.com/berita/2660381/tni-hoaks-poster-ustadz-babe-ada-kegiatan-di-yonif-para-raider-502-uy), Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna mengatakan poster di media sosial yang menyebut Babe Haikal melaksanakan kegiatan di Yonif Para Raider 502/UY adalah tidak benar atau hoaks.

Sebelumnya, Haikal Hassan memang meminta izin untuk mengadakan kegiatan pengajian di Yonif Para Raider 502/UY dengan mengundang masyarakat umum.

Namun, kegiatan tersebut tidak mendapatkan izin dari satuan terkait, mengingat kondisi pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung.

Hanya saja sebelum Haikal Hassan memperoleh kejelasan kegiatan dari Yonif Para Raider 502/UY, tim penyelenggara kegiatan Haikal terlanjur membuat poster dan mengunggahnya lewat Instagram.

Pihak Yonif Para Raider 502/UY telah meminta tim penyelenggara kegiatan Haikal untuk menghapus poster tersebut guna menghindari kesalahpahaman di masyarakat.

Klaim: Poster Haikal Hassan akan mengisi ceramah di Yonif Para Raider 502/UY
Rating: Salah/Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Timor Leste kembali ke Indonesia

Baca juga: Polisi pelajari laporan berita bohong Haikal Hassan

Baca juga: TNI: Hoaks poster Ustadz Babe ada kegiatan di Yonif Para Raider 502/UY

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2022