Buterfly Eden 2011 merupakan taman kupu-kupu pertama di Indonesia yang berada di lingkungan pusat perbelanjaan.
Bandung (ANTARA News) - Ratusan kupu-kupu dari 14 spesies berbeda dipamerkan pada "Festival Kupu-Kupu 2011" yang digelar dalam rangka edukasi pelestarian lingkungan hidup pengisi musim liburan, di Paris van Java Sukajadi Kota Bandung, Kamis.

"Hampir setahun menangkarkan kupu-kupu, beberapa di antaranya didatangkan dari luar Jawa seperti dari Papua dan Lombok," kata Manajer Marketing PvJ Bandung, Mayang di Bandung.

Festival Kupu-Kupu 2011 yang digelar di mall terbesar di kawasan Bandung Utara itu menampilkan dua acara yakni Butterfly Exhebition dan Butterfly Eden.

Butterfly Exhebition digelar sejak akhit Juni 2011, sedangkan Butterfy Eden atau Taman Kupu-Kupu digelar selama satu bulan sepanjang Juli 2011.

"Festival Kupu-Kupu ini digelar dalam rangka mengisi masa liburan keluarga dengan acara unik dan memiliki nilai edukasi bagi seluruh anggota keluarga," kata Mayang.

Sementara itu Buterfly Eden 2011 merupakan taman kupu-kupu pertama di Indonesia yang berada di lingkungan pusat perbelanjaan.

Di taman yang ditempatkan di bagian depan pusat perbelanjaan itum pengunjung dapat berjalan-jalan di tengah ratusan kupu-kupu aneka warna yang beterbangan di bawah ruang kelambu ukuran raksasa.

"Taman ini telah dirancang sebagai habitat kupu-kupu tropis yang jumlahnya tidak kurang dari 400 ekor dari 14 spesies," katanya.

Di antaranya kupu-kupu jenis langka yang didatangkan dari Papua Barat yakni spesies papilio demolion dan papilio helenus.

"Taman Kupu-Kupu itu dibuat untuk mengenalkan pemanfaatan, pelestarian satwa Indonesia, jenis tanaman untuk kupu-kupu dan juga aneka macam kupu-kupu," kata Mayang menambahkan.

(S033)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011